Proses Komunikasi dan Manajemen Humas UIN Mataram dalam Menguatkan Branding Kampus
Main Article Content
Abstract
Keberadaan Hubungan Masyarakat (Humas) di suatu Institusi atau perusahaan sangatlah vital termasuk dalam membangun brand maupun citra internal (corporate image). Banyak lembaga yang mengalami permasalahan internal maupun eksternal bahkan sampai mengakibatkan ‘gulung tikar’ atau kebangkrutan. Salah satu penyebabnya adalah komunikasi yang kurang romantis dan tata kelola yang tidak terencana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap komunikasi dan manajemen yang dilakukan oleh Humas UIN Mataram dalam membangun brand dan citra. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, data dipaparkan secara natural sesuai fakta lapangan. Adapun hasil penelitian bahwa meminjam teori Cutlip, Center dan Broom kami membaca tahapan komunikasi dan manajemen yang dilakukan melalui empat tahap yaitu pertama, defining problems melalui penyerapan saran dari berbagai pihak sebagai bentuk assessment. Kedua, tahap planning and programming yang dilakukan adalah pemilihan duta dan membangun relasi. Ketiga, taking action and communicating adalah komunikasi dan sosialisasi prestasi maupun kegiatan kampus melalui berbagai platform media sosial. keempat, Evaluating yang dilakukan sekali setahun pada akhir tahun akademik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Agistina Tanjung, Mochamad, Sekar Arum Mandalia, Dini Salmiyah Fithrah Ali. 2015. “Proses Public Relations PT KAI Pusat Bandung dalam Pengelolaan Media Internal: Tabloid Kontak”, e-Proceeding of Management, 2 (2).
Ahmadi, M. (2018). Zopim Chat Sebagai Bentuk Konvergensi Teknologi Digital Pelayanan Customer Service. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 90 - 94. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/337 Astuti, Maya Dwi. dkk. 2009. “Customer Relationship Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”, Ilmu Komunikasi, Vol. 7 No. 1.
Ahmadi, M., & Gunarti, T. T. (2022). Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Perluasan Pasar di Era Industri 4.0. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 79 - 88. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/1128
Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26 - 37. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499
Erlistyarini, Yulinda. 2018. “PR Online: Studi tentang Strategi Public Relations pada Kegiatan Media Online di Pemerintahan Kbaupaten Tabalong”, Universitas Airlangga.
Kurniawan, Andri. 2021. Public Relations : Konsep dan Strategi Humas dalam Komunikasi Islam, Mataram: Sanabil.
Maulan, Windu Nawang & Ratmanto, Teguh. 2016. “Strategi Humas Pemerintah Purwakarta untuk Memperkenalkan Slogan ‘Purwakarta Istimewa’ “, Hubungan Masyarakat, 2 (1).
Ruslan, Rosadi. 2003. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyanto, Yugih, dkk. 2017. “Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta”, Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1 (1).
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2000. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Styaningtyas, Ike Devi. 2007. “Peran Strategis Public Relations di Perguruan Tinggi”, Ilmu Komunikasi, 4 (2).
Suherman, Kasubbag Humas UIN Mataram. 2002. Wawancara.