Proses Komunikasi dan Manajemen Humas UIN Mataram dalam Menguatkan Branding Kampus

Main Article Content

Andri Kurniawan
Ibqesya A. Rosyada
Syarifa Salsabila
Bq Siti Hidayati

Abstract

Keberadaan Hubungan Masyarakat (Humas) di suatu Institusi atau perusahaan sangatlah vital termasuk dalam membangun brand maupun citra internal (corporate image). Banyak lembaga yang mengalami permasalahan internal maupun eksternal bahkan sampai mengakibatkan ‘gulung tikar’ atau kebangkrutan. Salah satu penyebabnya adalah komunikasi yang kurang romantis dan tata kelola yang tidak terencana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap komunikasi dan manajemen yang dilakukan oleh Humas UIN Mataram dalam membangun brand dan citra. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, data dipaparkan secara natural sesuai fakta lapangan. Adapun hasil penelitian bahwa meminjam teori Cutlip, Center dan Broom kami membaca tahapan komunikasi dan manajemen yang dilakukan melalui empat tahap yaitu pertama, defining problems melalui penyerapan saran dari berbagai pihak sebagai bentuk assessment. Kedua, tahap planning and programming yang dilakukan adalah pemilihan duta dan membangun relasi. Ketiga, taking action and communicating adalah komunikasi dan sosialisasi prestasi maupun kegiatan kampus melalui berbagai platform media sosial. keempat, Evaluating yang dilakukan sekali setahun pada akhir tahun akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A., Rosyada, I. A., Salsabila, S., & Hidayati, B. S. (2022). Proses Komunikasi dan Manajemen Humas UIN Mataram dalam Menguatkan Branding Kampus. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 134 - 146. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i2.1152
Section
Articles

References

Abadi, Media Trilaksono Dwi. 2021. “Majajemen Humas Rebranding Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ‘Aisyiyah Yogyakarta menjadi Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta”, Komunikasi, 15 (1).
Agistina Tanjung, Mochamad, Sekar Arum Mandalia, Dini Salmiyah Fithrah Ali. 2015. “Proses Public Relations PT KAI Pusat Bandung dalam Pengelolaan Media Internal: Tabloid Kontak”, e-Proceeding of Management, 2 (2).
Ahmadi, M. (2018). Zopim Chat Sebagai Bentuk Konvergensi Teknologi Digital Pelayanan Customer Service. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(2), 90 - 94. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/337 Astuti, Maya Dwi. dkk. 2009. “Customer Relationship Hotel Cakra Kusuma Yogyakarta Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”, Ilmu Komunikasi, Vol. 7 No. 1.
Ahmadi, M., & Gunarti, T. T. (2022). Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Perluasan Pasar di Era Industri 4.0. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 79 - 88. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/1128
Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26 - 37. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499
Erlistyarini, Yulinda. 2018. “PR Online: Studi tentang Strategi Public Relations pada Kegiatan Media Online di Pemerintahan Kbaupaten Tabalong”, Universitas Airlangga.
Kurniawan, Andri. 2021. Public Relations : Konsep dan Strategi Humas dalam Komunikasi Islam, Mataram: Sanabil.
Maulan, Windu Nawang & Ratmanto, Teguh. 2016. “Strategi Humas Pemerintah Purwakarta untuk Memperkenalkan Slogan ‘Purwakarta Istimewa’ “, Hubungan Masyarakat, 2 (1).
Ruslan, Rosadi. 2003. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyanto, Yugih, dkk. 2017. “Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta”, Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1 (1).
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2000. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Styaningtyas, Ike Devi. 2007. “Peran Strategis Public Relations di Perguruan Tinggi”, Ilmu Komunikasi, 4 (2).
Suherman, Kasubbag Humas UIN Mataram. 2002. Wawancara.