Analisis Pesan Mistik Pada Konten Berburu Penampakan Hantu Di Channel Youtube Sableng Tv Dan Bintang Indigo

Main Article Content

Inttihaul Khiyaroh

Abstract

perkembangan teknologi membuat pola kehidupan manusia berubah, salah satunya dampak media massa. Berawal dengan media youtube yang menjadi tontonan masyarakat baik dari kalangan dewasa bahkan anak-anak sering menonton youtube daipada televisi. Beralihnya tontonan masyarakat yang awalnya media televisi menjadi tontonan keluarga dan masyarakat pada umumnya, kini beralih pada penggunaan aplikasi youtube sebagai media massa utama yang digemari masyarakat. Hal ini membuat konten creator semakin genjar membuat inovasi dan kreasi yang membuat channel youtube mendapat subciber, viewer, like dan dishare ke media social lainnya. Tulisan ini menganalis dua channel youtube yang memiliki konten beburu penampakan hantu. Memiliki karakter yang berbeda membuat dua channel youtube ini memiliki ciri khas konten berburu hantu. Dengan adanya konten seperti ini membuat perubahan pola pemaknaan masyarakat terhadap penampakan hantu. Penampakan hantu yang awalnya meupakan hal tabu dan sangat dihindari kini berubah menjadi satu konten komedi bahkan hal lumrah yang terjadi dan bisa ditemui di tempat yang angker atau gelap seperti kuburan, hutan dan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khiyaroh, I. (2023). Analisis Pesan Mistik Pada Konten Berburu Penampakan Hantu Di Channel Youtube Sableng Tv Dan Bintang Indigo. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 7(1), 71-82. https://doi.org/10.58518/alamtara.v7i1.1778
Section
Articles

References

Bungin, B. 2013. Metode Penelitian Sosial & Ekonomi Format-format Kuantitatif untuk Studi Sosial, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Dennis McQuali, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. 1992. Jakarta:Erlangga.
Efendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.
-------------------------------, 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Erik Fahron Setiadi, Alia Azmi, Junaidi Indrawadi. 2019. Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. JCE Journal of Civic Education. Vol 2 No 3.
Faris, Wendy B. 2004. Ordinary Enchantments: Magical Realism and the Remystification of Narrative. Nashville: Vanderbilt University Press.
Hardja, Agus M. 2003. Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal. Yogyakarta: Kanisius
Indarsih, Mike, and Dian Pangestu. 2021. Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal AKRAB JUARA.
Jin, Fung Tjhai. 2003. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Sistem informasi dan sistem informasi dan teknologi informasi terhadap Kinerja Akuntan Publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 5(1)
Kadir. 2014. “Kadar Realisme Magis Dalam Novel Perempuan Poppo”.
Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Bentang, Yogyakarta
Muhardi dan Hasanudin WS. 1992. Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang Press
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Roh, Franz. 1995. Magical Realism: Theory, History, Community. Durham: Duke University Press.
Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol.3) Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi: Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.