Analisis Pesan Mistik Pada Konten Berburu Penampakan Hantu Di Channel Youtube Sableng Tv Dan Bintang Indigo
Main Article Content
Abstract
perkembangan teknologi membuat pola kehidupan manusia berubah, salah satunya dampak media massa. Berawal dengan media youtube yang menjadi tontonan masyarakat baik dari kalangan dewasa bahkan anak-anak sering menonton youtube daipada televisi. Beralihnya tontonan masyarakat yang awalnya media televisi menjadi tontonan keluarga dan masyarakat pada umumnya, kini beralih pada penggunaan aplikasi youtube sebagai media massa utama yang digemari masyarakat. Hal ini membuat konten creator semakin genjar membuat inovasi dan kreasi yang membuat channel youtube mendapat subciber, viewer, like dan dishare ke media social lainnya. Tulisan ini menganalis dua channel youtube yang memiliki konten beburu penampakan hantu. Memiliki karakter yang berbeda membuat dua channel youtube ini memiliki ciri khas konten berburu hantu. Dengan adanya konten seperti ini membuat perubahan pola pemaknaan masyarakat terhadap penampakan hantu. Penampakan hantu yang awalnya meupakan hal tabu dan sangat dihindari kini berubah menjadi satu konten komedi bahkan hal lumrah yang terjadi dan bisa ditemui di tempat yang angker atau gelap seperti kuburan, hutan dan lainnya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Dennis McQuali, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. 1992. Jakarta:Erlangga.
Efendy, Onong Uchjana, 1986. Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: Alumni.
-------------------------------, 2004. Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Erik Fahron Setiadi, Alia Azmi, Junaidi Indrawadi. 2019. Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. JCE Journal of Civic Education. Vol 2 No 3.
Faris, Wendy B. 2004. Ordinary Enchantments: Magical Realism and the Remystification of Narrative. Nashville: Vanderbilt University Press.
Hardja, Agus M. 2003. Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal. Yogyakarta: Kanisius
Indarsih, Mike, and Dian Pangestu. 2021. Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal AKRAB JUARA.
Jin, Fung Tjhai. 2003. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Sistem informasi dan sistem informasi dan teknologi informasi terhadap Kinerja Akuntan Publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 5(1)
Kadir. 2014. “Kadar Realisme Magis Dalam Novel Perempuan Poppo”.
Kuntowijoyo. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah. Bentang, Yogyakarta
Muhardi dan Hasanudin WS. 1992. Prosedur Analisis Fiksi. Padang: IKIP Padang Press
Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Roh, Franz. 1995. Magical Realism: Theory, History, Community. Durham: Duke University Press.
Setiadi, N. J. 2019. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol.3) Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi: Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.