PEDOMAN PENULISAN NASKAH

PENGANTAR REDAKSI

Madinah: Jurnal Studi Islam  merupakan jurnal kajian dan pengembangan Pendidikan Agama Islam. Dimana sebagai forum dan media untuk: 1) mengembangkan ilmu pengetahuan berdasarkan pada hasil kepustakaan dan empiris, 2) mendorong lahirnya pemikiran penelitian dan aksi baru dalam lingkup konsep dan praktek Pendidikan Agama  Islam. Jurnal ini merupakan  media enam bulanan (terbit bulan Juni dan Desember) yang  bertujuan memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Agama  Islam yang menjadi kajian di Indonesia, guna meningkatkan daya dan hasil lembaga pendidikan/organisasi/perusahaan di Indonesia. Media ini ditujukan kepada para manajer, dosen, guru, tokoh agama, usahawan swasta maupun pemerintah, perusahaan, mahasiswa, dan pihak-pihak  lain yang menaruh minat atas pengetahuan Pendidikan Agama  Islam.

 PEDOMAN PENULISAN NASKAH

Karya ilmiah yang akan dipertimbangkan untuk dimuat adalah yang memenuhi persyaratan dan acuan berikut:

  1. Bersifat ilmiah, berupa kajian dan pengembangan Pendidikan Agama Islam, gagasan orisinil, ringkasan hasil penelitian/survei, atau bentuk tulisan lainnya yang dipandang memberikan kontribusi bagi pengembagan studi dan pemikiran Pendidikan Agama Islam.
  2. Naskah yang dikirim merupakan naskah yang belum pernah dipublikasikan dalam penerbitan apapun atau tidak sedang diminta penerbitannya oleh media lain.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia atau dalam bahasa asing (Inggris/Arab) yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia atau asing (Inggris/Arab) yang baik dan benar. Bilamana menggunakan Bahasa Indonesia harus sesuai dengan kaedah Penulisan Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI).
  4. Istilah-istilah asing (non Indonesia) harus dicetak miring atau 
  5. Setiap naskah ditulis secara berurutan terdiri dari judul, nama penulis, identitas penulis (lembaga dan email penulis), abstrak, kata kunci, isi, dan rujukan.
  6. Judul harus ringkas, spesifik dan efektif, tidak melebihi 12 kata yang menggunakan Bahasa Indonesia, 10 kata yang menggunakan Bahasa Inggris. Bilamana menggunakan sub judul harus ringkas maksimal 10 kata.
  7. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia, Bahasa Arab atau Inggris. Abstrak ditulis antara 100 s.d. 150 kata dengan memuat latar belakang masalah, tujuan, dan kesimpulan (untuk naskah bukan hasil penelitian)
  8. Kata kunci 2-6 kata yang mencerminkan isi naskah
  9. Isi naskah terdiri dari 6000 s.d. 7000 kata atau 20 s.d. 25 halaman kertas ukuran A4 Font Times New Roman ukuran 12 diketik dengan spasi satu setengah.
  10. Naskah ditulis dengan menggunakan footnote (catatan kaki) yang memuat nama penulis, judul buku/majalah/jurnal, kota tempat penerbitan, nama penerbit, tahun penerbitan, dan halaman.
  11. Catatan kaki untuk kutipan dari buku; nama penulis, judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun penerbitan), dan nomor halaman.

Contoh:  Zainal Arifin, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), 15.

Catatan kaki untuk kutipan dari buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, (kota penerbit: nama penerbit, tahun), dan nomor halaman.

Contoh: Zainal Arifin, ed., Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. (Yogyakarta: Diva Press, 2012), 15.

Catatan kaki untuk kutipan dari jurnal/majalah: nama penulis, judul artikel, nama majalah/jurnal, volume/edisi (Nomor), bulan dan tahun: halaman.

Contoh:   Imam Machali, Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta, An-Nur, 3 (2) Agustus 2011: 321

Catatan kaki untuk kutipan dari elektronik:

Contoh:  Burka, Lauren P. A Hypertext History of Multi-User Dimensions. MUD History. 1993. http://www.utopia.com/talent/lpp/middex/essay [2 Agustus 1996]

Daftar pustaka disusun secara alfabetis dengan memuat nama penulis, judul buku/jurnal/majalah, kota tempat penerbitan, nama penerbit dan tahun terbit Dalam bentuk buku dengan memuat nama penulis, judul buku, kota penerbit: nama penerbit, dan tahun penerbitan.

Contoh:  Arifin, Zainal, (2012). Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press.

Dalam bentuk buku kompilasi memuat nama editor (ed.)/(eds.), judul buku, kota penerbit: nama penerbit, tahun

Contoh: Arifin, Zainal ed., (2012). Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam, Yogyakarta: Diva Press.

Dalam bentuk Majalah/Jurnal Ilmiah memuat nama penulis, judul artikel, nama majalah/jurnal, volume/edisi (Nomor), bulan dan tahun: halaman

Contoh:    Machali, Imam, Perilaku Keagamaan Kaum Waria Yogyakarta Kasus di Pondok Pesantren Waria “Senin-Kemis” Yogyakarta, An-Nur, 3 (2) Agustus 2011: 321-338

Dalam elektronik memuat nama pengarang, judul dokumen (dalam huruf miring), nomor versi/berkas (bilamana diterapkan), tanggal dokumen/tanggal revisi terakhir (bila berbeda dengan tanggal akses), protokol dan alamat, lintasan akses atau direktori, dan tanggal akses dalam kurung siku “[ ]”

Contoh:  Burka, Lauren P. A Hypertext History of Multi-User Dimensions. MUD History. 1993. http://www.utopia.com/talent/lpp/middex/essay [2 Agustus 1996]

  1. Naskah diketik dalam bentuk Microsoft Word Format RTF (Rich Text Format) atau Doc. (Word Document) dikirim submit OJS kami.
  2. Tidak keberatan jika naskah yang dikirim mengalami penyuntingan atau perbaikan untuk penyeragaman format, dan gaya penulisan, tanpa mengubah substansi
  3. Setiap naskah yang dikategorikan ke dalam beberapa hal :
  4. Diterima tanpa revisi.
  5. Diterima dengan revisi.
  6. Ditolak.