Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Minat Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar

Main Article Content

Millati Azka Zen
Mulyanto
Yetty Faridatul Ulfah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang guru terapkan dalam meningkatkan keaktifan belajar dan minat membaca siswa pada mata pelajaran fiqih, bagaimana implementasi strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan keaktifan belajar dan minat membaca siswa pada mata pelajaran fiqih dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam keaktifan belajar dan minat membaca siswa di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar.


Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini bertempat di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar. Subjek penelitian atau informan dariĀ  penelitian ini adalah guru pengampu materi Fiqih di MA TAhfidz Nurul Iman Karanganyar, mudir MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar, wakasek kesiswaan dan siswa di MA TAhfidz Nurul Iman Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi atau pengamatan, dan dokumentasi.


Hasil dari penelitian ini yaitu, pertama, strategi yang guru terapkan dalam meningkatkan keaktifan belajar dan minat membaca siswa pada mata pelajaran fiqih ialah guru menggunakan metode diskusi, belajar kelompok, tanya jawab dan metode praktek dan metode ceramah. Kedua, pemilihan strategi oleh guru dalam meningkatkan keaktifan belajar dan minat membaca siswa pada mata pelajaran fiqih telah diimplementasikan dengan baik, seperti contohnya siswa aktif ketika pembelajaran sedang berlangsung antara lain: mereka aktif melakukan tanya jawab dengan guru, tidak pasid dalam berdiskusi dan mampu melakukan praktek pada materi yang telah di ajarkan. Ketiga, faktor pendukung dalam keaktifan belajar dan minat membaca siswa di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar, antara lain yaitu: lingkungan yang bersih, kondusif serta jauh dari keramaian jalanan dll. Kemudian, faktor penghambat dalam keaktifan belajar dan membaca siswa antara lain: ada beberapa siswa sering mengantuk ketika didalam kelas, mudah merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung, dll.


Kata kunci: Keaktifan Belajar dan Minat Baca Siswa; Mata Pelajaran Fiqih; Strategi.

Article Details

How to Cite
Azka Zen, M., Mulyanto, & Faridatul Ulfah, Y. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Minat Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 96-102. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i2.1844
Section
Articles

How to Cite

Azka Zen, M., Mulyanto, & Faridatul Ulfah, Y. (2023). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Minat Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Tahfidz Nurul Iman Karanganyar. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 96-102. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i2.1844

References

Slameto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta: PT. Bumi Aksara.Sjmsuddin, 2001).

Riyanto, Paradigma Baru Pembelajaran Pendidikan dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012).

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinnya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).

Majid. Abdul, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru

(Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012).

Adhim. Muhammad Fauzil, Membuat Anak Gila membaca (Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2015).

Praja. Juhaya S, Ilmu Ushul Fiqih (Bandung: CV Pustaka Setia, 2015), 18.

Suharsaputra. Uhar, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitati, dan Tindakan (Bandung: PT Refika Aditama, 2018), Cet. III.

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), Cet. II.

Suliyatno, Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi (Yogyakarta: Andi, 2018).

Amrina & Rofiaty, Panduan Praktis Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2014).