Pembinaan Karakter Disiplin Siswi Melalui Program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi

Main Article Content

Khoirul Anwar
Delta Dwi Ayu Safitri

Abstract

Pembinaan karakter didalam setiap lembaga pastinya akan berbeda-beda dan akan disesuaikan dengan keadaan yang ada, dalam hal ini pembinaan karakter disiplin siswi yakni melalui program yang ada di Ma’had. Karakter disiplin yang diteliti disini yakni disiplin waktu, disiplin dalam menegakkan dan menaati peraturan, disipin dalam bersikap, dan disiplin dalam beribadah. Adapun fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan karakter disiplin siswi melalui Program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research Studi Kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Miles, Huberman, dan Saldana yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pembinaan karakter disiplin siswi melalui program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi yaitu (a) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program tahfidz terdiri atas disiplin dalam beribadah, dan disiplin dalam menegakkan dan menaati peraturan.; (b) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program qiroatul qutub terdiri atas disiplin dalam beribadah, disiplin waktu, dan disiplin menegakkan dan menaati peraturan.; (c) pembinaan karakter disiplin siswi melalui program takhassus terdiri atas disiplin dalam bersikap, dan disiplin waktu. 2) Faktor pendukung dalam pembinaan karakter disiplin melalui program Ma’had adalah Keterbukaan Pengurus pada siswi dan wali siswi, serta Kerjasama dalam pengawasan dari pengasuh dan pengurus. Sedangkan faktor penghambatnya adalah latar belakang Pendidikan siswi dan sesama teman.

Article Details

How to Cite
Anwar, K., & Dwi Ayu Safitri, D. (2024). Pembinaan Karakter Disiplin Siswi Melalui Program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 75-82. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i1.2417
Section
Articles

How to Cite

Anwar, K., & Dwi Ayu Safitri, D. (2024). Pembinaan Karakter Disiplin Siswi Melalui Program Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 75-82. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i1.2417

References

Adminjatim. “Kakankemenag Banyuwangi Resmikan Ma’had Al-Hidayah di Kampus MAN Srono.”12 Februari 2016. https://jatim.kemenag.go.id/berita/331334/kakankemenag-banyuwangi-resmikan-mahad-putri-alhidayah-kampus-man-srono.
Aisyah dan M. Ali. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media Grup, 2018.
Anwar, Khoirul, 2021, Pendidikan Multikultural : Konsep dan Implementasi Praktis di Sekolah, Lamongan, Academia Publication
Azzet, Akhmad Muhaimin. Pendidikan Yang Membebaskan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Barwani dan Muhammad arifin. Kinerja Guru Profesional. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemah. Surabaya: Fajar Mulya, 2009.
Haderani. “Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia.” Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 1 Juli 2018.
I Kadek. “Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja.” Jurnal Educeth Universitas Ganesha, Vol. 6 No. 1 Desember, 2018.
Julia, Putri dan Tia. “Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa”. Jurnal Dedikasi Pendidikan. Vol. 3 No. 2 Juli, 2019.
Kemendiknas. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas, 2011.
Muis, Abdul. ““Peran Pesantren Dalam Pembinaan Akhlak Di Era Globalisasi.” Fenomena 14, no. 02 Oktober 2015.
Nasran. “Peran Pondok Pesantren dalam Pembinaan Karakter Disiplin dan Kemandirian Santri (Studi POndok Pesantren IMMIM Putra Makassar” UPT UNM, 15 Februari 2019,http://eprints.unm.ac.id/12227/.
Safiraa, Liza, dan Syahril. “Pembinaan Disiplin Siswa di SMK Negeri 6 Padang.” Journal of Practice Learning and educational Development, Vol. 3 No. 3, 2023.
Sarosa, Samiaji. Analisis Data Peneltian Kualitatif. Yogyakarta: PT Kanisius. 2021.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2002 tentang tujuan dan fungsi Pendidikan Nasional.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren.
Sukiyat. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV Jakad Media Publishing, 2020.
Tim Penyusun. Pedoman penulisan Karya Ilmiah. Jember: UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, 2021.
Winarni, Endang Widi, dan Prof. Dr. Endang Winarni. Teori dan Praktik Penelitian kuantitatif, kualitatif, PTK, R&D. Sleman: Bumi Aksara, Oktober 2018
Yusuf, Muri. Metode Penelitian. Jakarta: Kencana. 2017.
Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Nilai aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup, 2014.