SINERGITAS ORANG TUA DAN GURU DALAM PENERAPAN DISIPLIN DAN RELIGIUSITAS SISWA DI BILINGUAL CLASS PROGAM MTS MASLAKUL HUDA

Main Article Content

Ratih Kusuma Ningtias
Wardatul Karomah
Faridatun Nisa’

Abstract

Sinergi mempunyai peranan yang sangat penting, terutama sinergi yang dilakukan orang tua dan guru dalam penerapan kedisiplinan dan religiusitas. Kunci pengembangan karakter siswa adalah kerjasama antara orang tua dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:


(1) Bagaimana bentuk sinergi antara orang tua dan guru dalam penerapan kedisiplinan dan religiusitas pada siswa pada Program Kelas Bilingual MTs Maslakul Huda


(2) Bagaimana permasalahan dan solusi sinergi orang tua dan guru dalam penerapan kedisiplinan dan religiusitas pada siswa pada Program Kelas Bilingual Mts Maslakul Huda. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mereduksi data, menyajikan data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk sinergi antara orang tua dan guru dalam penerapan disiplin dan religiusitas pada siswa di Program Kelas Bilingual MTs Maslakul Huda adalah melalui pengendalian grup WhatsApp dan Silaturrahmi. (2) Permasalahan Sinergi Orang Tua dan Guru dalam penerapan kedisiplinan dan religiusitas siswa pada Program Kelas Bilingual di MTs Maslakul Huda yaitu: orang tua sibuk, siswa sulit disiplin, Kurangnya kesadaran akan kedisiplinan orang tua Sedangkan solusinya: Peran Orang Tua, Siswa dimotivasi untuk disiplin, Menumbuhkan kesadaran Orang Tua

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusuma Ningtias, R., Karomah, W., & Nisa’, F. (2024). SINERGITAS ORANG TUA DAN GURU DALAM PENERAPAN DISIPLIN DAN RELIGIUSITAS SISWA DI BILINGUAL CLASS PROGAM MTS MASLAKUL HUDA. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1), 27-35. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i1.2777
Section
Articles

References

Anurraga, Hening Haugesty. Peran Orang tua dalam meningkatkan Motivasi belajar peserta didik usia 6-12. Jurnal Visi pendidikan 7, No. 3
Diadha, R. 2015. Keterlibatan orang tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak. Edusentris, 2 (1).
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Sistem Nasonal No 20 Tahun 2003 Tentang pendidikan nasional Bab 1 pasal 1 (Yogyakarta:Pustaka Belajar, 2013), 3.
Jumiatmoko. 2016. Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika.
Kompri. 2015. Motivasi pembelajaran perspektif guru dan siswa. Bandung: Rosdakarya. M, Faud Ferdinan. 2005. Menjadi Orang tua Bijaksana. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Meleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suhardono. Peran: Konsep, Derivasi dan Implikasinya.
Syafe’i, Rahmat. 2000. Al-Hadis: Akidah, Akhlak, Sosial dan Hukum. Bandung: Pustaka setia.
Ulum, “Sinergitas Guru dan Orang tua”.
UU Sidiknas, UU RI No 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafindo.