Peran Sosial Guru Pendidikan Agama Islam di Wilayah Pantura

  • Muhammad Nashihin Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan Jawa Timur
Keywords: Peran sosial, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Pantura

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam merupakan person yang memiliki tugas mulia
yang harus ada dalam tiap daerah, lebih-lebih di daerah pantura yang sikap dan
karakternya berbeda dengan yang lainnya. Secara formal seorang Guru Pendidikan
Agama Islam dituntut harus memliki beberapa kompetensi yang terangkum dalam UU
No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi
pedagogik, kompetensi professional, dan kempetensi sosial.
Pada point kompetensi sosial, seorang guru diharapakan tidak hanya berperan di dalam
lembaga saja akan tetapi harus berberan secara langsung dalam masyarakat. Adapun
Guru Pendidikan Agama Islam di pantura kebanyakan berperan sosial sebagai berikut:
Menjadi Modin, Mengisi Upacara Hajatan Masyarakat, Menjadi konsultan keagamaan,
Terlibat dalam Kepengurusan Masjid, Terlibat dalam Organisasi Kemasyarakatan dan
sejenisnya dalam rangka korelasi dan relevansi visi, misi, dan tujuan lembaga
Pendidikan dengan masyarakat untuk kepentingan bersama dalam bidang agama,
pemerintah, sosial dan sejenisnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-30