Pemberdayaan Nelayan Berbasis Interpreneurship ; Pendampingan Masyarakat Buruh Nelayan

Main Article Content

Avif Alfiyah
Wardatul Karomah

Abstract

Nelayan merupakan pekerjaan yang penuh dengan tantangan dan risiko yang sangat tinggi, sehingga modal sosial diperlukan untuk memperkuat hubungan antar nelayan agar selalu bekerja sama dalam setiap aktivitas pelayanan. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau yang bertautan dan terhubung dengan potensi melimpah dalam sumber daya laut dan kaya akan keragaman budaya. Oleh karena itu, aspek modal sosial dibutuhkan untuk memperkuat rasa persatuan komunitas karena modal sosial merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat dan masyarakat, terutama komunitas nelayan. Di dalam komunitas nelayan, Desa Kranji, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, memiliki modal sosial yang mampu memberikan harmoni bagi kehidupan komunitas nelayan. Modal sosial ini menjadi media bagi komunitas nelayan untuk memperkuat persatuan komunitas nelayan di Desa Kranji dalam menghadapi kehidupan, terutama yang terkait dengan layanan perikanan. Dengan modal potensi kelautan yang kita miliki, tidak salah jika itu digunakan sebagai dasar pengembangan ekonomi. Namun, masyarakat pesisir belum mampu mengelola sumber daya laut dengan baik disebabkan oleh rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan masyarakat pesisir yang memiliki keterampilan terbatas pada penduduk pesisir. Oleh karena itu diperlukan pelatihan dan pendidikan, pengolahan lingkungan untuk menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan masyarakat pesisir. Masyarakat ini mampu mengelola perairan laut selain dari keterampilan dan pelatihan masyarakat pesisir juga akan meliputi pengelolaan perikanan, pengolahan hasil tangkapan dan teknologi kelautan serta pelestarian laut pesisir yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfiyah, A., & Karomah, W. (2022). Pemberdayaan Nelayan Berbasis Interpreneurship ; Pendampingan Masyarakat Buruh Nelayan . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 60-76. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i2.1833
Section
Articles

References

Alma.B. 2011. Kewirausahaan-Edisi 17. Bandung: Alfabeta.
Druker, Peter. F. 2012. Inovasi dan Kewirausahaan Praktek dan Dasar-dasar. Jakarta: Erlangga
Imron. 2003. Managemen Pendidikan Masyarakat. Malang: UNM Press.
Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan: Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Perikanan. Yogyakarta: PT LKiS Pelangi Aksara.
Sastrawijaya. 2002. Nelayan Nusantara: Riset pengolahan Produk Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan. Jakarta.