Optimalisasi UMKM Melalui Digital Marketing ‎ Sebagai Sarana Branding Produk

Main Article Content

Aulia Rahmawati
Putri Andini
Faradhiba Julia Armaningrum
Nur Chilyatuh Chilmiyah
M. Khajar Barliansyah

Abstract

Pemasaran produk UMKM di Desa Wonotengah belum cukup berkembang dengan ‎baik. Mereka hanya mempromosikan produknya melalui cara tradisional, yakni ‎menitipkan di beberapa toko-toko kelontong yang ada di desa hingga tingkat ‎kecamatan saja. Masalah yang ditemukan pada lapangan bahwasanya mereka ‎kurang mampu memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Metode yang digunakan ‎adalah Asset Based Community Development (ABCD) di mana metode ini ‎menekankan potensi dan sumber daya yang sudah dimiliki oleh suatu komunitas ‎daripada berfokus pada kekurangan atau masalahnya. Hasilnya adalah berdasarkan ‎observasi yang telah dilakukan di Desa Wonotengah, rata-rata UMKM masih belum ‎mementingkan terkait dengan branding produk. Kegiatan pendampingan dimulai ‎dari rebranding, pembuatan stiker dan logo produk, foto produk, list menu produk, ‎pendaftaran lokasi usaha di Google Maps, dan pemasaran di media online. ‎Pendampingan di lakukan pada UMKM K’food Bunda Heni serta Sakifa Tiga Putra ‎yang masing-masing diberikan solusi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelaku ‎usaha. Inovasi branding  produk UMKM, dapat meningkatkan citra pelaku UMKM ‎di mata konsumen dan bisa menarik minat beli konsumen yang lain sehingga ‎identitas produk UMKM dapat terbentuk lebih kuat dan dapat bersaing di pasar ‎yang lebih luas lagi.‎

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A., Andini, P., Julia Armaningrum, F. ., Chilyatuh Chilmiyah, N. ., & Barliansyah, M. K. . (2024). Optimalisasi UMKM Melalui Digital Marketing ‎ Sebagai Sarana Branding Produk. PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1-13. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2953
Section
Articles

How to Cite

Rahmawati, A., Andini, P., Julia Armaningrum, F. ., Chilyatuh Chilmiyah, N. ., & Barliansyah, M. K. . (2024). Optimalisasi UMKM Melalui Digital Marketing ‎ Sebagai Sarana Branding Produk. PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1-13. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2953

References

Ajhuri, K. F., & Saichu, M. (2018). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ) melalui Penguatan SDM di Masjid Nurul Fikri Watu Bonang, Badegan, Ponorogo. QALAMUNA-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(2), 178. https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/150/142
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2009. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573
Badan Pusat Statistik. (2024). Jumlah Desa Kelurahan Rukun Warga dan Rukun Tetangga Menurut Kecamatan di Kabupaten Kediri.
Gunawan, J., Salsabila, A. T., Nisa, K., & Azizah, N. (2022). Sosialisasi Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Tegalsari. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 147. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3543
Kurniawan, A., Kurniawan, M., Fuadi, F., Bandar Lampung, S., & Ekonomi dan Bisnis Islam -UIN Raden Intan Lampung, F. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Rumahan Produksi Kelanting. Al-Mua’wanah, 1(1), 29–41.
Latifah, E., Fuada, U. S., & Fariskasari, C. A. (2023). PHILANTROPY EKONOMI ISLAM DENGAN PENDEKATAN. Participatory, 2, 1–19.
Lesmanah, U., Melfazen, O., & Yazirin, C. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Ikan Asin. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(4), 1720. https://doi.org/10.33379/icom.v3i4.3338
Ngadhimah, M., Aulia, N., Ayu, D., & ... (2023). Implementasi Moderasi Beragama Sejarah Multikultural Agama Di Desa Bulu Lor Jambon Ponorogo. Proceedings of …, 193–204. https://doi.org/10.15642/acce.v4i
Purwastuty, I. (2018). Pemberdayaan keluarga miskin melalui aset komunitas. Mimbar Kesejahteraan Sosial, November, hal 11.
Rachmawati, M. (2020). Kontribusi sektor UMKM pada upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 1(7), 1–13.
Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 359. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Sukman, S. (2020). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Syariah Di Kota Balikpapan. Ulumul Syar’i : Jurnal Ilmu-Ilmu Hukum dan Syariah, 10(2), 63–83. https://doi.org/10.52051/ulumulsyari.v10i2.137
Utami Nurul, H., & Firdaus Akbar Fauzi, I. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 1–11.
Wulandari, K., & Rosviantika, E. (2018). Pengentasan Kemiskinan Melalui Kewirausahan: Tinjauan Teoritis Dalam Pendekatan Strength Prespektif. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3, 579–584. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/download/9218/6172