Pendampingan Guru dan Wali Murid Melalui Kegiatan Pola Asuh Anak di Era Digital

Main Article Content

Ratih Kusuma Ningtias
Wardatul Karomah

Abstract

Guru dan wali murid kini dituntut untuk berkolaborasi lebih erat dalam mendampingi anak-anak di dunia yang dipenuhi dengan informasi digital. Dalam konteks ini, perkembangan kecerdasan digital menjadi sangat penting, di mana anak-anak harus dilengkapi dengan keterampilan untuk beradaptasi dengan lingkungan digital yang terus berubah.


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pendampingan guru dan wali murid melalui pola asuh yang efektif di era digital. Pertama, penelitian ini akan menjelaskan konteks digital dan tantangan yang dihadapi oleh pendidik dan orang tua dalam mendampingi anak-anak. Kedua, penelitian ini akan menganalisis bagaimana pola asuh yang baik dapat berkontribusi pada perkembangan anak, terutama dalam konteks penggunaan teknologi.


Metode pendampingan yang digunakan yaitu metodologi penelitian PAR (Participatory Action Research) adalah pendekatan yang melibatkan kolaborasi antara peneliti dan partisipan dalam proses penelitian untuk menciptakan perubahan sosial


Hasil penelitian ini menunjukkan hal yang selaras bahwa pendampingan guru dan wali murid melalui kegiatan pola asuh anak di era digital di Ram Tasywirul Afkar sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak. Terutama, kolaborasi antara guru dan wali murid menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang aman dan produktif bagi anak-anak. Penelitian ini menemukan bahwa ketika guru dan wali murid bekerja sama, mereka mampu mengelola penggunaan teknologi dengan lebih baik, sehingga anak-anak dapat memanfaatkan perangkat digital secara efektif dan bertanggung jawab. Temuan ini mendukung bahwa pola asuh yang baik dan pendampingan yang tepat dapat memperbaiki sikap dan perilaku anak dalam menghadapi tantangan digital

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusuma Ningtias, R. ., & Karomah, W. . (2024). Pendampingan Guru dan Wali Murid Melalui Kegiatan Pola Asuh Anak di Era Digital . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 21-32. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2956
Section
Articles

How to Cite

Kusuma Ningtias, R. ., & Karomah, W. . (2024). Pendampingan Guru dan Wali Murid Melalui Kegiatan Pola Asuh Anak di Era Digital . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 21-32. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2956

References

Caires, S. et al. (2023) ‘Promoting Socio-emotional Skills in Initial Teacher Training: An Emotional Educational Programme’, © 2023 CRES, 15(1), pp. 21–33. Available at: https://doi.org/10.56300/VCJW9231.
Drigas, A., Karyotaki, M. and Skianis, C. (no date) ‘Mobiles, Digital Tech, Empathy, Metacognition, Self-Consciousness and the Role of Parents in Schools and Societies of the Future’. Available at: https://doi.org/10.3991/ijim.v17i07.37201.
Fachrezy Hutasuhut, I. and Darwin Harahap, H. (no date) ‘Edumaniora : Jurnal Pendidikan dan Humaniora The Influence of Technology in the World of Education’.
Goswami, P. and Parekh, V. (2023) ‘The impact of screen time on child and adolescent development: a review’, International Journal of Contemporary Pediatrics Goswami P et al. Int J Contemp Pediatr, 10(7), pp. 1161–1165. Available at: https://doi.org/10.18203/2349-3291.ijcp20231865.
Henthorn, R., Lowden, K. and Mcardle, K. (2022) ‘Educational Action Research Connecting Research and Practice for Professionals and Communities ISSN: (Print) (Online) Journal homepage: www.tandfonline.com/journals/reac20 “It gives meaning and purpose to what you do”: mentors’ interpretations of practitioner action research in education’. Available at: https://doi.org/10.1080/09650792.2022.2106260.
Hidayat, F. et al. (2024) ‘LITERASI DIGITAL, MEMBEKALI ANAK DENGAN KEMAMPUAN DIGITAL’, 1.
Ibrahem, E.M., Zaki, S.M. and Abdelwahab, A.A. (2024) ‘Tanta Scientific Nursing Journal Effect of implementing parental strategies on preventing digital overdependence among their preschool children’, 33(2).
Kagan, C. (no date) ‘Participatory Action Research and Community Psychology’.
Khoirun Nida, F.L. (2013) ‘INTERVENSI TEORI PERKEMBANGAN MORAL LAWRENCE KOHLBERG DALAM DINAMIKA PENDIDIKAN KARAKTER’, Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). Available at: https://doi.org/10.21043/EDUKASIA.V8I2.754.
Lathifah, A.S. et al. (2024) ‘DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa’, 3(1), pp. 36–42. Available at: https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2233.
Mcgarrie, L. et al. (no date) ‘An Enhanced Mentoring Model’s Impact on Youth in Boys and Girls Clubs’. Available at: https://doi.org/10.5195/jyd.2022.1220.
Moslimany, R., Otaibi, A. and Shaikh, F. (2024) ‘Designing a holistic curriculum: Challenges and opportunities in islamic education’, Journal on Islamic Studies, 1(1), pp. 52–73. Available at: https://doi.org/10.35335/BEZTG009.
Pelita Harapan, U. and Alia, T. (2018) ‘Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital [Parent Mentoring of Young Children in the Use of Digital Technology]’, Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), pp. 65–78. Available at: https://doi.org/10.19166/PJI.V14I1.639.
Wahidah, A.F.N. and Maemonah, M. (2020) ‘Moral Thought of Early Childhood in Perspective Lawrence Kohlberg’, Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). Available at: https://doi.org/10.29313/GA:JPAUD.V4I1.5991.