Penguatan Kesehatan Mental Berbasis Logoterapy (Pendampingan Pada Siswa MTs Tarbiyatut Tholabah)

Main Article Content

ALIMUL MUNIROH
Shofiyah

Abstract

Kesehatan mental merupakan suatu keadaan emosional dan psikologis yang baik, dimana individu dapat memanfaatkan kemampuan kognisi dan emosi, berfungsi dalam komunitasnya, dan memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Inti dari kesehatan mental sendiri adalah lebih pada keberadaan dan pemeliharaan mental yang sehat. Pemeliharaan mental yang sehat bagi siswa yang berhadapan hukum dengan menggunakan pendekatan logoterapi.


Penelitian transformatif ini bertujuan untuk memberdayakan menguatkan diri siswa agar kesehatanmentalnya tetap terjaga dalam menghadapi persoalan hukum melalui logoterapi; meningkatkan kesadaran siswa tentang ketahanan diri dari keputusasaan; dan meningkatkan kemampuan siswa dalam dalam memanfaatkan potensi diri untuk bangkit dan keluar dari ketakutan.


Pendekatan pendampingan berbasis riset ini adalah PAR (Paticipatory Action Research) yang merupakan kolaboratif antara peneliti dengan komunitas untuk melakukan research bersama, merumuskan masalah, merencanakan tindakan, melakukan aksi secara berkesinambungan dan berkelanjutan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa menjadi pribadi yang kuat dalam bersikap dalam menghadapi persoalan hukum; siswa mempunyai kesadaran diri untuk ketahanan dirinya dari keputusasaan; siswa dapat keluar dari tekanan dan ketakutan dalam dirinya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUNIROH, A., & Shofiyah. (2024). Penguatan Kesehatan Mental Berbasis Logoterapy (Pendampingan Pada Siswa MTs Tarbiyatut Tholabah). PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 44-54. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2960
Section
Articles

How to Cite

MUNIROH, A., & Shofiyah. (2024). Penguatan Kesehatan Mental Berbasis Logoterapy (Pendampingan Pada Siswa MTs Tarbiyatut Tholabah). PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 44-54. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2960

References

Batthyány, A., & Russo-Netzer, P. (Eds.). (2014). Meaning in Positive and Existential Psychology. Springer.
Besser, A., Flett, G. L., & Zeigler-Hill, V. (2020). Meaning in life and resilience to stress: A meta-analytic review. Journal of Positive Psychology, 15(5), 579-593.
Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.). Cengage Learning.
Frankl, V. E. (2006). Man's Search for Meaning: An Introduction to Logotherapy. Beacon Press.
Kim, S., & Lee, H. (2017). Effectiveness of logotherapy programs for depression, life satisfaction, and self-esteem in adolescents. Journal of Adolescent Health, 60(2), S18.
Schulenberg, S. E. (2016). Clarifying Logotherapy: Meaning-Centered Therapy and Positive Psychology. Springer.
Schulenberg, S. E., & Hutzell, R. R. (2009). Logotherapy for clinical practice: A guide to meaning-centered therapy for practitioners and therapists. Psychotherapy, 46(1), 34-43.
Schulenberg, S. E., & Melton, A. M. A. (2010). A confirmatory factor-analytic evaluation of the purpose in life test: Preliminary psychometric support for a three-factor model. Journal of Happiness Studies, 11(3), 351-365.
Wong, P. T. P. (2014). Viktor Frankl's meaning-seeking model and positive psychology. In A. Batthyány & P. Russo-Netzer (Eds.), Meaning in Positive and Existential Psychology (pp. 149-184). Springer.
Yalom, I. D. (1980). Existential Psychotherapy. Basic Books.