Aktivitas Bermain Sambil Belajar Sebagai Kunci Perkembangan Motorik Anak Di TK Amal Sholeh

Main Article Content

Aulia Syifa Rahmadani
Selly Aprilia Santana
Tyara Intana Putri Kusumah

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak usia dini memiliki peran penting untuk stimulasi perkembangan fisik motorik, terutama pada motorik kasar dan motorik halus. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui seperti apa aktivitas bermain sambil belajar bagi anak usia dini untuk memberi stimulasi terhadap perkembangan motorik kasar, motorik halus, dan kinestetik melalui proses pembelajaran penjas di TK Amal Sholeh. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi, pengumpulan data melalui wawancara mengenai rangkaian kegiatan pembelajaran seperti perencanaan, proses, evaluasi, tindak lanjut, kesulitan yang dihadapi Guru dan peserta didik, dan hasil perkembangan peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran penjas. Proses pembelajaran penjas yang dilakukan di TK Amal Sholeh melalui rangkaian kegiatan Guru menyusun rencana harian dan mingguan yang mencakup jeni-jenis gerakan relevan terhadap perkembangan motorik anak seperti melompat, melempar, dan aktivitas lain seperti bola kecil untuk melatih koordinasi. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Syifa Rahmadani, A., Santana, S. A., & Kusumah, T. I. P. . (2024). Aktivitas Bermain Sambil Belajar Sebagai Kunci Perkembangan Motorik Anak Di TK Amal Sholeh. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 69-75. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/3016
Section
Articles

How to Cite

Syifa Rahmadani, A., Santana, S. A., & Kusumah, T. I. P. . (2024). Aktivitas Bermain Sambil Belajar Sebagai Kunci Perkembangan Motorik Anak Di TK Amal Sholeh. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 69-75. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/3016

References

(Andhika et al., 2022; Estari, 2020; Fitri et al., 2022; Hani, 2019; Puspitasari, 2012; Surahman, Sanusi, & Maulina Dewi, 2020; Zulnadila et al., 2024)Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57–65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5678

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fitri, R., Hasibuan, R., & Setyowati, S. (2022). Neurokinestetik: Model Aktivitas Gerak pada Anak Usia Dini untuk Kesiapan Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7186–7203. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2106

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran pada PAUD. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 7(1), 51–56. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Puspitasari, E. (2012). Menyusun Perencanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Educhild, 1(1), 68.

Surahman, F., Sanusi, R., & Maulina Dewi, T. (2020). Pengembangan Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Journal Sport Area, 5, 116–127. https://doi.org/10.25299/sportarea..vol().4797

Zulnadila, Z., Sumaryanti, S., Suhartini, B., & Budiyanti, E. S. (2024). Stimulasi Perkembangan Motorik Kasar Terhadap Pembelajaran Jasmani Anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 437–444. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1644