Buku Bacaan Anak Sebagai Media Edukasi dan Pencegahan Kekerasan Pada Anak
Main Article Content
Abstract
Kekerasan pada anak terus meningkat dari tahun ketahun. Kekerasan tersebut justru lebih banyak dilakukan oleh orang-orang terdekat di lingkungan anak-anak itu sendiri. Kasus kekerasan pada anak sulit tertangani dengan baik karena anak tidak memiliki keberanian untuk melaporkan. Pada banyak kasus, anak-anak juga belum memahami bahwa apa yang menimpa dirinya adalah bentuk kekerasan. Selain dibutuhkan orang terdekat yang peduli dan melindungi, anak-anak juga perlu mendapat pengetahuan tentang arti kekerasan agar dapat menghindari dan melaporkan manakala kekerasan itu terjadi padanya. Pemerintah melalui program Gerakan Literasi Nasional (GLN), menghasilkan ratusan buku bacaan anak dimana topik kekerasan menjadi salah satu topik krusial yang diangkat. Artikel ini mengulas sejauh mana buku bacaan anak dapat menjadi media belajar anak sehingga membantunya untuk terhindar dari kekerasan. Bahan penelitian ini berupa buku bacaan anak produk GLN yang telah diterbitkan PERPUSNAS RI dan dibagikan di sejumlah Perpus Desa dan Taman Baca Masyarakat (TBM). Peneliti melakukan observasi mendalam kemudian menganalisis dengan pendekatan analisis semiotic untuk mengurai pesan-pesan pencegahan kekerasan di dalam buku bacaan anak. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana teks dan gambar dalam buku bacaan anak berkolaborasi menciptakan pertanda dan petanda dalam menyampaikan pesan edukasi dan pencegahan kekerasan pada anak.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Damayanti, Debi Cahya, dkk (2023). Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Permasalahan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Gender dan Anak Vol. 7 No. 1. Juni 2023.
Musrifah (2022). Analisis Semiotik Buku Cerita Bergambar “Kenapa Berbeda?”, Pendidikan Seksual Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Prosiding Konferensi Nasional Gender dan Gerakan Sosial Vol. 1 No. 1. Desember Tahun 2022 Halaman 954-964.
Pawito. (2007). Penelitian Komuniksi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.
Sobur, Alex (2003). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sobur, Alex (2004). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Septiana, Tanti & Khaerunnisa. (2022). Penanda dan Petanda Pada Cerpen Anak “Ke Hutan” Karya Yosep Rustandi: Pendekatan Semiotik Ferdinand De Saussure. Jurnal Pena Indonesia. Vol. 8. No. 1. Hal. 1-8.