Tren Nice Morning Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Agama Siswa Di Kelompok Bermain (KB) Hidayatun Najah Tuban

Main Article Content

Nur Azizah

Abstract

Dalam pembelajaran yang dilaksanakan di KB Hidayatun Najah Tuban dengan menggunakan sentra, namun diawali dengan nice morning atau pembiasaan-pembisaan yang dilakukan di pagi hari meliputi pembacaan doa sehari-hari beserta artinya, hafalan surat-surat pendek beserta penjelasan secara umum terkait jumlah ayat, nama surat, golongan surat dan sebagainya (seperti dalam buku panduan lembaga), juga dalam nice morning diberikan pembacaan asmaul husna beserta artinya, pilar-pilar yang berisi berkaitan dengan dongeng atau nasehat agar dapat memiliki akhlak mulia, pilar ini ada 9 poin dan disamping itu terdapat pembiasaan meletakkan barang pribadi pada tempatnya, nyanyi-nyanyi untuk meningkatkan semangat dalam memulai pembelajaran dan juga pembiasaan untuk membawa bekal dari rumah dan dimakan bersama-sama dengan mempraktekkan adab makan dan minum sesuai dengan syariat Islam. Nice morning ini dipandu oleh guru wali kelas dengan penamaan kelas berdasarkan nama Nabi, yaitu terdapat kelas Adam, Musa, Isma’il, Ibrahim, Muhammad dan Sulaiman, dan disandingkan dengan sentra yang dibuka pada setiap harinya, nice morning ini dapat dikatakan sebagai langkah untuk meningkatkan perkembangan moral dan agama siswa yang terbukti dengan berbagai ragam kegiatan yang ditawarkan oleh Kelompok Bermain Hidayatun Najah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azizah, N. . (2024). Tren Nice Morning Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Agama Siswa Di Kelompok Bermain (KB) Hidayatun Najah Tuban. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 62-68. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/3194
Section
Articles

How to Cite

Azizah, N. . (2024). Tren Nice Morning Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Dan Agama Siswa Di Kelompok Bermain (KB) Hidayatun Najah Tuban. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 62-68. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/3194

References

Depdiknas. Kompetensi Guru (2007). Indonesia.

Dewey, J. (1997). Experience and Education. New York: Collier Books. Fauziddin, M. (2016).

Kementrian Pendidikan Nasional. (2012). Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. Jakarta: Kemendiknas.

Megawangi, R. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah; Pengalaman Sekolah Karakter. Jakarta. Republik Indonesia. Sistem Pendidikan Nasional (2003). Indonesia

KOSP KB Hidayatun Najah Tuban