Analisis Problematika Prilaku Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak

  • Yunita Awwaliyah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Moh. Asykuri Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Akhmad Syah Roni Amanullah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
Keywords: analisis problema perilaku, anak usia taman kanak-kanak

Abstract

Problematika perkembangan anak usia dini yaitu sesuatu hal yang akan mengganggu kehidupan anak, yang timbul karena ketidaksesuaian pada perkembangannya. Tujuan dari penelitian untuk memahami permasalahan anak usia taman kanak-kanak agar dapat meminimalkan kemunculan dan dampak permasalahan tersebut serta mampu memberikan upaya bantuan yang tepat. Oleh sebab itu, pentingnya mengetahui perkembangan anak usia dini karena pada masa ini, anak berada pada masa emas yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang. Sebagai pendidik dan orang tua wajib untuk melihat tumguh kembang anak sejak dini, dan betapa ruginya orang tua yang tidak peduli akan perkembangan anaknya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan, dengan alat pengumpul data berupa data primer dan data sekunder seperti observasi buku problematika perkembangan Pendidikan anak usia dini dan data sekunder data penunjang yang relevan dengan penelitian ini, seperti buku, majalah, dokumen dan artikel-artikel jurnal tentang penelitian secara langsung . Teknis analisis penelitian ini berupa Teknik content analysis atau analisis isi. Berdasarkan Hasil kajian menunjukkan bahwa cara menangani problematika prilaku perkembangan anak usia taman-kanakkanak melalui 5 tahap yaitu 1) Identifikasi kasus dan masalah; 2) Diagnosis; 3) Prognosis; 4) Treatment;dan 5) evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen
Perkembangan Sosial Emosional Di Ra. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2), 61-70.
Arriani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Usia
Dini, 8(2), 263 - 274.
Hasan Maimunah, (2010). PAU (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva
Press.
Izzaty, Rita Eka, Dkk. (2017). Model Konseling Anak Usia Dini. Bandung : Pt
Remaja Rosdakary
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustakaan, Jurnal Jurnal Iqra’. 05.01.
Kuswanto, C. W. (2016). Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui
Bermain. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Darul
Ilmi, 1(2).
Latif, Mukhtar, Dkk. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:
Kencana.
Mirzaqon T, Abadi Dan Purwoko, Budi. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai
Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK
UNESA 8.1
Morrison, George S. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
Jakarta: PT Indeks.
Published
2022-07-31