Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini

  • Nyssa Shofira Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Moh. Asykuri Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Akhmad Syah Roni Amanullah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
Keywords: metode membaca huruf abjad, anak usia dini

Abstract

Abad industri yang  disangga dengan teknologi yang semakin berkembang dan semakin canggih menuntut dukungan budaya semakin berkembang pula, begitu juga dengan budaya membaca tidak kalah penting dengan budaya budaya lainya. Budaya baca harus menjadi  kebutuhan, kegemaran dan kebiasaan. Untuk menyikapi tuntutan tuntutan tersebut melahirkan polemik internal yang membolehkan mengajarkan membaca bagi anak usia dini dan yang tidak membolehkan karena hawatir menjadi tekanan atau pemaksaan  bagi anak. Penulisan artikel ini bertujuan membuka wawasan bagi  para orang tua/pendidik untuk memahami bagaimana mengajar anak membaca sesuai dengan karakteristi dan perkembangannya dimana hal ini tidak menjadi polemik lagi di masyarakat. Dilapangan sudah banyak metode-metode membaca yang menarik bagi anak, dengan demikian ini tugas para pendidik baik orang tua maupun guru untuk memilih atau menciptakan metode yang tepat bagi anak usia dini, tentunya yang tidak  membebani. Jadi Pada dasarnya mengajarkan membaca bagi anak usia dini itu boleh-boleh saja asalkan dengan metode yang sesuai dengan perkembangannya dimana anak diperkenalkan dengan berbagai huruf yang menarik sehingga menimbulkan rasa penasaran dan keingin tahuan. Dengan demikiann menanamkan kemampuan membaca itu penting, karena membaca bagian dari perkembangan bahasa bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew Schiller, (1971). Teach Children To Read Their Fadher Tonque , Coordinating Reading Instruction, Scoot Foresman and Company.
Albana Muhammad (2007). Selamat Anak Anda Luar Biasa. Solo. Iltizam
Ardy Wiyani Novian, ( 2014).Psikologi perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: GAVA MADIA
Brown, S. (1990). Activities Fpr Teaching Using the Whole Language Approach, USA: Charles thomas Publisher.
Musfiroh, Tadkiroatun, (2008), Cerdas Melalui Bermain, (Cara Mengasah Multiple Intelligence Pada Anak Sejak Usia Dini), Jakarta : PT. Gramedia
Rahman Hibana S (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.
Hurlock, B, Elizabeth, ( 1980 ). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
Hartati, T(1998). The Effectiveness of steinberg Early Reading, Program on the Ability of Reading at Preschool Level, Malaysia: University Sains.
Sunaryo, Selamet, (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Hikayat Publishing.
Published
2022-07-31