Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Pemberian Penguatan

  • Akhmad Syah Roni Amanullah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Moh. Asykuri Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
  • Aizzatul Farikhah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Kranji, Lamongan, Indonesia
Keywords: karakter anak usia dini, penguatan

Abstract

Pengembangan karakter harus dilakukan sedini mungkin karena usia dini merupakan masa emas dalam pengembangan karakter. Salah satu teknik dalam peningkatan karakter adalah dengan pemberian penguatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter tanggung jawab anak melalui teknik pemberian penguatan baik secara verbal maupun nonverbal dengan cara pemberian pujian dan hadiah kepada anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pola Kemmis & Taggart dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan karakter anak usia 5-6 tahun setelah mendapatkan penguatan dari guru. Performa karakter tanggung jawab anak meningkat sebesar 56,8% pada akhir siklus 1 dan 93,2% pada akhir siklus 2, dari data awal sebelum tindakan sebesar 37,5%. Performa karakter bertangggung jawab ini ditunjukkan anak dalam empat aspek yaitu: mau mengambil alat main tanpa dibantu, melaksanakan tugas dengan gembira, menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dan mengembalikan peralatan main ke tempatnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, S. R. (2018). Mencegah Lebih Efektif dari pada Menangani (Kasus Bullying Pada Anak Usia Dini). Jurnal Smart Paud, 1(1),
Allemand, M., & Hill, P. L. (2014). Gratitude From Early Adulthood to Old Age. Journal of Personality, 84
Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan (ADHD) Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27.
Amrullah, A. K. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 378.
Published
2022-07-31