Filsafat Islam Sebagai Sumber Kebenaran dan Pengetahuan dalam Pendidikan Agama Islam
Main Article Content
Abstract
Dalam kajian ini filsafat Islam dianggap sebagai landasan ilmu pengetahuan dan kebenaran dalam pendidikan agama Islam. Filsafat Islam menawarkan pemahaman kritis dan rasional terhadap konsep kebenaran dengan mengutip pemikiran para filsuf Islam seperti Al-Farabi dan Al-Kindi yang menekankan pada integrasi agama dan filsafat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka yang meliputi terhadap buku dan artikel yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa filsafat Islam tidak hanya membantu dalam pengembangan ilmu pengetahuan, tetapi juga berperan penting dalam membentuk etika, moralitas dan karakter peserta didik. Dengan mengedepankan pendekatan filosofis pendidikan agama Islam dapat menjadi lebih relevan dalam konteks modern dan mempersiapkan peserta didik untuk merespons secara kritis permasalahan sosial dan moral.
Article Details
How to Cite
References
Anang Romli, Muhammad Nahihin, “Urgensi Teori Sosialogi”, Darajat Jurnal Pendidikan
Agama Islam, Vol 7, no. 1 (Juni 2024): 11-26.
Zaprulkhan, Pengantar Filsafat Islam, Yogyakarta: IRCiSoD, 2019
Juwani, Tokoh dan Pemikiran Autentik Filsafat Islam Klasik, Banda Aceh Darussalam: Ar-
Raniry Press, 2023
Ris’an Rusli, Filsafat Islam Telaah Tokoh dan Pemikirannya, Jakarta: Kencana, 2021
Hamidulloh, Filsafat Umum Zaman Now, Plukaran: CV. Kataba Group, 2018
Nurcholish Madjid, Khazanah Intelektual Islam, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia,
2019
Akhwanudin, Afith, Scientia Sacra Urgensi Sains Tradisional terhadap Dekadensi Nilai dalam
Sains Modren, Pekalongan: PT Nasya Expanding Management, 2019