Efektivitas Metode Keteladanan dalam Pembelajaran Akidah Akhlaq di MA. Tarbiyatut Tholabah Lamongan Tahun 2024

Main Article Content

Nur Hakim
Moh. Nasrul Amin
Mukh. Nursikin

Abstract

Metode keteladanan merupakan pendekatan pedagogis yang sangat ideal dalam pembelajaran akidah akhlak, karena mengintegrasikan nilai-nilai moral dan keagamaan melalui praktik nyata yang dapat diamati dan ditiru oleh peserta didik, sehingga dapat membentuk akidah dan akhlak siswa yang lebih baik. Namun di MA Tarbiyatut Thlabah terdapat perilaku siswa yang kurang sopan terhadap guru, teman sebaya dan kurang disiplin dalam melaksanakan ibadah, pada hal para guru sudah memberikan keteladanan dalam pembelajaran dan bahkan didukung lingkungan pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana efektivitas metode keteladanan dalam pembelajaran akidah akhlaq di MA Tarbiyatut Tholabah. Pendekatan penelitin menggunakan pendekatan kualitatif dengan Jenis penelitian studi kasus, subyek penelitian kepala Madrasah, guru dan siswa di MA Tarbiyatut Tholabah, Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentsi, keabsahan data mengggunakan triangulasi dan analisis datanya  menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil mengungkap bahwa Guru akidah akhlak di MA Tarbiyatut Tholabah menunjukkan konsistensi memberikan teladan akhlak Islami, disiplin, rapi, salam sapa, ramah, dan menjaga kebersihan. Meski terdapat hambatan, metode keteladanan terbukti efektiv dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Tarbiyatut Tholabah, terutama dalam membentuk pemahaman dan perilaku siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Islami.

Article Details

How to Cite
Hakim, N. ., Nasrul Amin, M., & Nursikin, M. (2024). Efektivitas Metode Keteladanan dalam Pembelajaran Akidah Akhlaq di MA. Tarbiyatut Tholabah Lamongan Tahun 2024. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 158-168. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i2.3086
Section
Articles
Author Biography

Nur Hakim, Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan

artikel telah kami revisi

How to Cite

Hakim, N. ., Nasrul Amin, M., & Nursikin, M. (2024). Efektivitas Metode Keteladanan dalam Pembelajaran Akidah Akhlaq di MA. Tarbiyatut Tholabah Lamongan Tahun 2024. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 158-168. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i2.3086

References

Ali, M. Pendidikan Karakter Berbasis Keteladanan dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam. (2016).

Anwar RoshihonAkidah Akhlaq, Pustaka Setia, Bandung: . (2016) 257.

Al-Ghazali, A. Ihya Ulum al-Din. Al-Qalam Press. (2006).

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992, hlm. 120-121.

Hattie, J. Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge. (2009).

Hidayat, A. dan Supriyadi, Metodologi Pendidikan Islam: Pendekatan Keteladanan dalam Pembentukan Karakter Siswa, Bandung: Alfabeta, 2015, hlm. 102-104.

Hikmah, Faiqatul.. “Strategi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Jenjang Pendidikan Madrasah Tsanawiyah ).” 1(2). 2020

Jalaluddin, Psikologi Agama: Memahami Perilaku Keagamaan dengan Pendekatan Psikologi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010, hlm. 74-76.

Muslimin, Erwin, Nurwadjah, Siti Julaeha, and Andewi Suhartini. 2021. “Konsep Dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 02(1): 71–87.

Mustofa, Ali.. “Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam.” 2019, halm. 5.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Menyongsong Tantangan Modernitas dan Era Globalisasi, Jakarta: Kencana, 2009, hlm. 136-138.

Nisan, , Pembentukan Akhlakul Krimah Melalui Metode Uswah Hasanah di Madrasah Stanawiyah Muhammad Shodiq Desa Sumberduren" Jurnal Pendidikan dan Konseling2022, 04(05):3955

Nurcholis Madjid, Cita-Cita Pendidikan Islam: Nilai-Nilai Dasar untuk Pendidikan Moral, Jakarta: Paramadina, 1997, hlm. 56-58.

Sahab, Fahmi, Budi Munawar Khutomi, and Indah Yuliana. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran Uswah Hasanah Dalam Pembinaan Akhlak Mahmudah Siswa Pada Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Gandasoli Kabupaten Sukabumi.” Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam 1(2): 157–68. doi:10.51729/murid.12233.

Samsudin, Agus, Andewi Suhartini, and Nurwadjah Ahmad EQ. 2021. “Implementasi Metode Uswah Hasanah Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di MTs Al Azhar Tembongraja Salem Brebes.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 10(3): 337. doi:10.32832/tadibuna.v10i3.5002.

Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta, 2010, hlm. 70-71.

Suparlan, Kepemimpinan dan Perilaku Guru dalam Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016, hlm. 45-46.

Wati, Mirli Widiya.. “Metode Uswatun Hasanah Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 2023,10(2): 105–10

Zuhairini, Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Keteladanan, Malang: UIN-Malang Press, 2015, hlm. 45-47.