Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Peningkatan Kemampuan Imam Shalat Dan Khatib Jum'at

Main Article Content

Anang Romli
Candrika Kumala Tungga

Abstract

Amanah menjadi imam dan khatib dalam ritual orang islam tidaklah mudah. Imam dan khatib merupakan seorang yang dijadikan acuan untuk menjadi roda bagi orang Islam dalam menjalankan ibadah sholat. Tidak semua orang mampu untuk menjadi imam dan khatib, dan tidak semua orang yang mampu berhak untuk menjadi imam dan khatib. Saat sholat jamaah, kemudi seorang makmum adalah imam. Tidak sahnya seorang makmum juga ditanggung oleh seorang imam. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pelatihan kepada takmir masjid Baiturrahim desa Banjargondang. Supaya mewujudkan generasi imam dan khatib jum’at yang berkualitas dan memiliki kompetensi. Kegiatan ini dilakukan dengan teknik pelatihan, peserta pelatihan berjumlah 15 orang. Hasil kegiatan tersebut dilakukan dalam bentuk praktik, yakni dengan menginstruksikan kepada peserta untuk tampil menjadi imam dan khatib di akhir kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah bahwa peserta pelatihan memiliki kemampuan dalam menjadi imam dan khatib terkait dengan syarat, rukun, dan ketentuannya. Akan tetapi dalam segi pembacaan al Qur’an baik dari fashohah, tajwid, dan makhorijul huruf masih kurang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anang Romli, & Tungga, C. K. (2022). Pengabdian Masyarakat melalui Pelatihan Peningkatan Kemampuan Imam Shalat Dan Khatib Jum’at . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1 - 13. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1823
Section
Articles

References

Bagir, Muhammad. 2008. Fiqih Praktis 1 Menurut Al-Qur’an, As-Sunnah, dan Pendapat Para Ulama. Bandung: Karisma. E-Book NetLibrary.
Khatmi, Husnul. 2016. Tata Cara Khutbah dan Kompetensi Khatib Jum’at di Palangka Raya. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Islam Palangka Raya.
Pohan, S. 2018. Pelatihan Fardhu Kifayah dan Pelatihan Khatib Jum’at Pada Warga Muhammadiyah Cabang Medan Denai di Kota Medan. Jurnal Prodikmas: Hasil Pengabdian Masyarakat. 2(2).
Prasetyo, Ali. TT. Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam. Sidoarjo: Zifatama Jawara. E-Book NetLibrary.
Rahma Indina Harbani, Rahma. Syarat Menjadi Imam dalam Sholat Berjamaah. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5783338/8-syarat-menjadi-imam-dalam-sholat-berjamaah-wajib-tahu. (26 Oktober 2021).
Rusandi. Dan Muhammad Rusli. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Dinas Pendidikan Luwu Timur. STAI DDI Kota Makassar.
Sabariah, Hayatun, Diani Syahfitri, Nur Misdaramayani, Zaifatur Ridha. 2021. Pelatihan Adzan, Imam dan Khatib di Desa Pantai Cermin Kecamatan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Mujtama’: Jurnal pengabdian Masyarakat. 1(2).
Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. Jurnal Harmonia. 11(2).
Sobhan. Muhammad Ridho, Mahyudin Ritonga. 2022. Peningkatan Kemampuan Imam dan Khatib Melalui Pelatihan di Kabupaten Pasaman Bara., Martabe: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(5).
Usman, Suparman. 1995. Metodologi Khutbah dan Retorika Dakwah. Jurnal Al-Qalam. 6(56).
Wawancara dengan Bapak Amirul Taqwim, Banjargondang, Bluluk, Lamongan, 24 Agustus 2022.
Wawancara dengan Bapak Imam Mukhlas, Banjargondang, Bluluk, Lamongan, 24 Agustus 2022.
Wawancara dengan Bapak Imam Supardi, Banjargondang, Bluluk, Lamongan, 24 Agustus 2022.
Yani, Ahmad. 2005. Bekal Menjadi Khatib dan Mubaligh. Jakarta: Gema Insani. E-Book NetLibrary.
Yosodipuro, Arif. 2012. Buku Pintar Khatib dan Khutbah Jum’at. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.