Sosialisasi & Tahsin Al-Qur’an Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemapuan Guru Al Qur'an

Main Article Content

M. Kavin Lidinillah
Okky Firman Aziansyah

Abstract

Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) merupakan sarana untuk mendidik dan membangun karakter anak, karena melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) anak sejak dini dilatih untuk mengenal, memahami, mempelajari, dan menerapkan pendidikan Islam sebagai pedoman hidup dalam diri anak dan karakter anak dimasa depan, karena dizaman modern ini perkembangan lembaga pendidikan Al-Qur’an yang semakin pesat menandakan semakin meningkatnya kesadaraan masyarakat terhadap pentingnya kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Sehingga peningkatan kapasitas organisasi dan peningkatan mutu TPQ harus menjadi fokus perhatian dan pembahasan. Sedangkan di Desa Bluluk termasuk daerah yang minim akan kesadaran keagamaannya, hal ini dibuktikan dengan beberapa problem keagamaan terkhusus dibidang TPQ yang seharusnya melahirkan generasi-generasi Islami yang berkualitas. Maka dari itu perlu adanya pendampingan dan arahan dari seseorang atau lembaga yang dapat menaungi dan memberi wawasan kepada tenaga pendidik untuk menumbuh kembangkan TPQ yang ada di daerah tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR), dengan demikian kelompok 9 KKN PAR IAI TABAH yang bertempat di Desa Bluluk menggagas sebuah program yaitu “Sosialisai & Tahsin Al-Qur’an Metode Ummi” yang dilaksanakan di TPQ Miftahu Huda Dusun Bluluk Desa Bluluk, yang ditujukan kepada seluruh guru TPQ dan Takmir Masjid Mushollah di Desa Bluluk sebagai bentuk penkaderan tenaga pendidik di TPQ Desa Bluluk. Mengingat metode KKN yang digunakan adalah Metode PAR, maka sebelum terlaksananya program tersebut, terlebih dahulu  kita melakukan observasi dan koordinasi dengan semua guru TPQ yang ada di Desa Bluluk, yang menghasilkan persetujuan serta mendapatkan apresiasi untuk melaksanakan program tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M. Kavin Lidinillah, & Aziansyah, O. F. (2022). Sosialisasi & Tahsin Al-Qur’an Metode Ummi Dalam Rangka Peningkatan Kemapuan Guru Al Qur’an. PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-22. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1825
Section
Articles

References

Afdal. 2016. “Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkankemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III B Ibnu Khaldun SD Al-Firdaus Islamic School Samarinda Tahun Pembelajaran 2015/2016”. PENDAS MAHAKAM, 1.1 (2016), 1–9.
Idha Vera Sophya & Saiful Mujab. 2014. “Metode Baca Al-Qur’an”. (Kudus: Elementary), Vol.2/Juli-Desember 2014, H. 339.
LPM IAIN Sunan Ampel Surabaya. 2008. Modul Pelatihan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Transformatif IAIN Sunan Ampel Sunan Ampel Surabaya. Surabaya: LPM IAIN Sunan Ampel.
Madyan, Syam Ahmad. 2019. Kurikulum Pendidikan Pada TPA/TPQ. Jakarta: Rajawali Press.
Sariyekti, Eko. 2019. Penguatan Kelembagaan TPQ. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Zayadi, Ahmad. 2019. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasar Kan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Rajawali Press.