Meningkatkan Fungsi Tata Organisasi Kemasyarakatan Yang Unggul Melalui Metode Participation Action Research (PAR)

Main Article Content

Donny Prasetya
Sakhoul Ihsan

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk yang didominasi usia muda. Hal tersebut tentunya menjadi modal bagi bangsa Indonesia dimasa yang akan datang apabila sumber daya yang dimiliki adalah generasi yang unggul dan berdaya saing. Namun hal tersebut dapat berubah menjadi ancaman apabila generasi muda yang ada tidak memiliki keunggulan. Satu langkah untuk menyiapkan generasi yang unggul dimasa depan yakni dengan memfasilitasi generasi muda lewat organisasi kemasyarakatan yang berfokus pada pengembangan potensi pemuda yakni Karang Taruna. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan tujuan untuk mengetahui pengimplementasian tata kelola organisasi Karang Taruna di Dusun Ngasemboto. Hasil dari penelitian menunjukan bahwah sebagai wadah bagi generasi muda maka Karang Taruna Podo Rukun Dusun Ngasemboto haruslah memiliki tata kelola organisasi yang baik guna mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Disamping itu melalui optimaliasi peran dan fungsi Karang Taruna  Podo Rukun Dusun Ngasemboto maka akan memberikan dampak terhadap perubahan nilai sosial kemasyarakatan Dusun Ngasemboto ke arah yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Donny Prasetya, & Ihsan, S. (2022). Meningkatkan Fungsi Tata Organisasi Kemasyarakatan Yang Unggul Melalui Metode Participation Action Research (PAR). PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 23-36. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1826
Section
Articles

References

Dimas Bayu. “Komposisi Jumlah Penduduk Indonesia Beradasarkan Usia”. http://dataindonesia.id. (Diakses tanggal 8 September 2022)
Dokumen Pemerintah Desa Kuwurejo Kecamatan Bluluk Kabupaten Lamongan
Eko Kumara “Urgensi Tata Kelola Organisasi Sektor Publik”. http://LingkarLSM.com (diakses tanggal 8 September 2022).
Mahardika, 2014. Pengertian Karang Taruna. Bandung : PT Bandung Rosdakarya
Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019 tentang Karang Taruna
Soedjiwo, Novean, 2019. Implementasi Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali. Journal STAI Denpasar Bali.
Suherman dkk, 2020. Mengembangkan Potensi Karang Taruna Melalui Optimalisasi Organisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Peran Pemuda dalam Masyarakat. Jurnal Abdimas Vol 1(3).
Taufik Abdillah, 2010,.Pemuda dan Perubahan Sosial. Jakarta : Jalan Sutera.