Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Melalui Komunikasi Lingkungan Dalam Pelatihan Ecoprint Brand The Daunan

Main Article Content

Musrifah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk-bentuk komunikasi lingkungan yang diterapkan pada proses pelatihan ecoprint oleh brand The Daunan untuk menumbuhkan kesadaran melestarikan lingkungan bagi para pesertanya. Komunikasi berlangsung antara mentor atau pelatih sebagai komunikator dan peserta pelatihan yang terdiri dari guru dan pelajar sebagai komunikan. Penelitian  ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan perolehan data melalui observasi langsung di tempat pelatihan ecoprint dan wawancara mendalam baik dengan mentor atau pelatih maupun dengan peserta pelatihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan ecoprint brand The Daunan bukan hanya agar peserta mampu memproduksi sendiri karya ecoprint, akan tetapi juga mengedukasi peserta tentang pentingnya menjaga keharmonisan alam baik pada pra produksi, produksi, maupun pasca produksi.


 


This research aims to describe the forms of environmental communication applied in the ecoprint training process by The Daunan brand to raise awareness of preserving the environment for its participants. Communication takes place between the mentor or trainer as the communicator and the training participants consisting of teachers and students as the communicants. This research uses a qualitative descriptive approach by obtaining data through direct observation at the ecoprint training site and in-depth interviews with both mentors or trainers and with training participants. The research results show that The Daunan brand ecoprint training not only enables participants to produce their own ecoprint works, but also educates participants about the importance of maintaining natural harmony both in pre-production, production and post-production.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musrifah. (2023). Menumbuhkan Kesadaran Ekologis Melalui Komunikasi Lingkungan Dalam Pelatihan Ecoprint Brand The Daunan. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 7(2), 151 - 163. https://doi.org/10.58518/alamtara.v7i2.2312
Section
Articles

References

Chandrabuwono, Achmad Bayu dan Atika. 2019. Komunikasi Lingkungan Masyarakat Sungai Tabuk Dalam Menjaga Kebersihan Sungai. Jurnal MetaCommunication Vol 4 No. 2 September 2019.
Cox, R. & Pezzullo, P.C. 2015 Environmental Communication and the Public Sphere. 4th edition. London (GB), SAGE Publications.
Creswell, J.W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed MethodsApproaches. 3rd edition. SAGE Publications.
Creswell, J.W. & Poth, C.N. 2018. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. 4th edition. California, SAGE Publications.
Faridatun. 2022. Ecoprint, Cetak Motif Alam Ramah Lingkungan. Jurnal Prakarsa Paedagogia Vol 5 N0. 1 Juni 2022 Hal 230-234
Flor, A.G. & Cangara, H.. 2018 Komunikasi Lingkungan: Penanganan Kasus-kasus Lingkungan Melalui Strategi Komunikasi. 1st edition. Jakarta (ID), Prenadamedia Group.
Saraswati, Ratna, dkk. 2019. Pemanfaatan Daun Untuk Ecoprint Dalam Menunjang Pariwisata. Departemen Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.
Shahreza, Mirza. Sarwititi Sarwoprasodjo, dkk. 2020. Komunikasi Lingkungan Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah di Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 23 No. 2 Desember 2020
Susanti, Santi dan Tine Silvana Rachmawati. 2018. Menumbuhkan Kesadaran Hidup Ekologis Melalui Komunikasi Lingkungan di Eco Learning Camp. Jurnal MediaTor Vo. 11 (2) Desember 2018, Hal 188-202.