Original title  : Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Short title   : Awwaliyah
Abbreviation  : JAPGMI
Frequency  : 2 Volume  (June and December)
Number of articles per issue  : 15 research articles and reviews per issue
DOI  : 10.58518/awwaliyah
ISSN  : 2621-5446 (Printed); 2656-7296 (Online)
Editor-in-Chief  : Muhammad Nur Hasan, S.Si., M.Sc.
Publisher  :

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah 

Citation Analysis  : Google Scholar, Crossref, Sinta, Garuda, Moraref, RG, Semantic
Subject Area; Category  : Pendidikan Dasar dan Pedagogik
Discipline  : Pendidikan Dasar, Media Pembelajaran SD/MI, Konsep dan Strategi Pembelajaran SD/MI, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar, Penelitian Tindakan Kelas, Konseling Islam Dasar, Model Pembelajaran Tingkat Dasar, dan bidang keilmuwan serupa lainnya.

Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah jurnal yang mempublikasikan artikel orisinil yang mengungkap, mendiskusikan, serta mengeksplorasi pemikiran tentang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Jurnal Awaliyah juga menerima artikel hasil studi lapangan tentang praktek Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang orisinil, inovatif, serta progresif dengan berbagai jenis dan pendekatan riset serta menerima kajian pendidikan  multi/interdisipliner  disiplin ilmu. Jurnal Awwaliyah dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah (IAI TABAH) Lamongan dan akan terbit setiap enam bulan sekali pada bulan Juni dan Desember setiap tahun.

Vol. 8 No. 1 (2025): Awwaliyah: Jurnal PGMI

Alhamdulillah Rabb al-'Alamin, puji syukur panjatkan kehadirat Allah S.W.T  Yang Maha Esa karena atas rahmat dan inayah-Nya sehingga Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini dapat terbit. Shalawat dan salam senantiasa tercurah keharibaan Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarga dan para pengikutnya termasuk para muhadditsin yang senantiasa memelihara dan menghidupkan sunnahnya. Sekalipun banyak didapatkan fenomena tentang kajian dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini, pengelola sudah berusaha mengumpulkan data-data yang mencakup kajian Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun demikian, pastilah ditemukan banyak kekurangan. Oleh karena-nya perbaikan dan koreksi menjadi tanggung jawab bersama. Redaksi menyadari sepenuhnya Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini telah melalui pengeditan dengan sempurna, paling tidak ini bisa menjadi langkah awal “starting point” untuk memotivasi penulis-penulis yang lain dalam meneliti untuk melahirkan karya-karya lain yang lebih baik, berbobot dan mempublikasikan dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 8 Nomor 1 Juni 2025 ini.

Published: 2025-06-30

Analisis Metode-Metode Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah


Ibnu Amiruddin STIT Al-Ibrohimy Bangkalan, Indonesia
Alif Bagus Fitriadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

1-15

Abstract View: 52 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.2958

Epistemologi Burhani dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah


Yusuf Yusian Septianto Saleh Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia
Kurniatun Nailatin Fauziah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

16-24

Abstract View: 31 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.2896

Pengembangan Media Pembelajaran Kalender Sejarah untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Kelas 5B pada Mapel IPS di MI Roudlotut Tolabah Kabupaten Kediri


Dewi Malaul Hikmah UIN Syekh Wasil Kediri, Indonesia
Aulia Rohmawati UIN Syekh Wasil Kediri, Indonesia

25-35

Abstract View: 56 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.2878

Analisis Kompetensi 4C melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quantum Learning pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di MIN Kudus


Faiqotul Izzah Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia
Suci Herwani Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

36-49

Abstract View: 59 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.2880

Studi Literatur: Karakteristik Perkembangan Peserta Didik di Sekolah Dasar


Muhammad Zaenurrozikin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Lailatul Usriyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
Mua’limin Mua’limin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

50-61

Abstract View: 122 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3378

Penanaman Nilai Karakter Religius dan Disiplin pada Siswa SD Melalui Kegiatan Shalat Dhuha


Subandryo Subandryo STIT Hidayatunnajah Bekasi, Indonesia
Ahmad Faoji STIT Hidayatunnajah Bekasi, Indonesia
Jihan Fitri Syahrani STIT Hidayatunnajah Bekasi, Indonesia

62-74

Abstract View: 89 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3441

Etika Profesi Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa


Munawir Munawir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Dewi Citra Puspita Sari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Intan Fitria Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

75-83

Abstract View: 92 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3427

Kebijakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) Transformatif Plus terhadap Lulusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah


Shulhan Shulhan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Aqidah Usymuni Sumenep, Indonesia

84-93

Abstract View: 80 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3480

Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik


Siswi Jayanti Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
Febriarsita Eka Sasmita Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia
Asnal Mala Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia

94-103

Abstract View: 66 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.2986

Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Canva "PEKSI" tentang Etika Kegiatan Jual Beli pada Pembelajaran PAI Kelas 3 SD


Yurianda Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia
Serli Ananta Universitas Pendidikan Indonesia
Sekar Ayu Dyah Pramesti Universitas Pendidikan Indonesia
Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

104-114

Abstract View: 82 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3522

Penerapan Metode Membaca Cerita Sains untuk Mengembangkan Literasi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV


Dewi Setiawati Gusti Ayu Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Indonesia
Tri Wahyuni Ni Nyoman Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Indonesia

115-123

Abstract View: 46 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3660

Penerapan Pendekatan Understanding by Design Berbasis Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 7 Parittiga


Alpaini Himarika Paini Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Masagus Firdaus Universitas PGRI Palembang, Indonesia
Evi Rosmiyati Universitas PGRI Palembang, Indonesia

124-155

Abstract View: 67 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3602

Strategi Madrasah dalam Pembinaan Prestasi Peserta Didik


Faridatul Muffidah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia
Nafilatur Rohmah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

156-168

Abstract View: 86 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3429

Upaya Guru dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Siswa di MIM 11 TPAY Blimbing


Lina Asriyah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia
Suheri Widianto Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

169-175

Abstract View: 29 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3494

Wasathiyah dalam Kurikulum PAI Terintegrasi: Sebuah Pendekatan Fenomenologi dan Sosiologi di SD Bina Anak Sholeh Tuban


Nur Hakim Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan
Miftahuddin Miftahuddin Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia

176-189

Abstract View: 57 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3644

Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Orde Baru: Tantangan dan Peluang


Dewi Masruroh Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia
Moh. Kusno Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia
Moh. Fiqih Firdaus Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

190-202

Abstract View: 95 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3764

The Effect of Project Based Learning Model and Learning Styles on Students’ Learning Outcomes


Imam Azhar Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia
Lailatul Badriyah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

203-212

Abstract View: 49 , Download: 0
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v8i1.3882
View All Issues