Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak-anak SD MELALUI Kegiatan Pesantren Kilat

Main Article Content

M. Aqil Musthofa
Izmet Muhammad Fendi

Abstract

: Salah satu program KKN PAR tahun 2022 ini adalah mengadakan pesantren kilat. Penyelenggaraan program pesantren kilat ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu,  kurangnya ilmu pengetahuan agama terhadap anak-anak dikarenakan minimnya pengetahuan orang tua. Sementara itu, dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara kepada masyarakat setempat. Program pesantren kilat ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan khususnya pada anak SD di dusun Jurug tersebut. Oleh karena itu, dengan diadakannya pesantren kilat ini anak-anak akan lebih paham terkait dengan ilmu agama salah satunya yaitu bisa mempraktekkan tata cara sholat serta cara membaca al-Qur’an dengan benar.  Dengan demikian program pesantren kilat ini bisa berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M. Aqil Musthofa, & Fendi, I. M. (2022). Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Pada Anak-anak SD MELALUI Kegiatan Pesantren Kilat . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37-46. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1827
Section
Articles

References

Anwar Dalimunthe, Rasyid. “Minat Siswa Mengikuti Pesantren Kilat Di Smk Negeri 1 Pantai Labu”. Fitroh: Journal Of Islamic Education1 (1): 159.
Arifin. 1995. Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum) Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Hidayati. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Taman Kanak-Kanak (TK) Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta, Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maryatun. 2016. Peran Pendidik PAUD dalam Membangun Karakter Anak Jurnal Pendidikan Anak, 5(1): 120.
Moleong. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhajir Ansori, Raden Rahmad. 2016. “Strategi Penananman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik”. Pusaka, 8 (22): 14-32.
Muzakkir. 2016. “Peranan Nilai-Nilai Dasar Keagamaan Terhadap Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smk Negeri 2 Kota Parepare”. Al-Ishlah, 14 (2):183.
Ningsih, Tutuk. 2019. Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas, Insania, Vol. 24, No. 2, Juli-Desember.
Pemerintahan Desa Primpen. 2021. Rencana Kerja Pemerintah Desa Primpen, Lamongan: Tidak Di Terbitkan.
Rohman, Miftahur dan Hairudin. 2018 “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural”, Jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1): 22.
Saputra. 2016. Menanamkan Nialai-Nilai Agama pada Anak Usia Dini RA DDI Addariyah Kota Palopo, Al-Qalam, 20(2): 197-200.
Setiawan, Ari. 2012. Model Pembelajaran Pesantren Kilat dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas pada Siswa Sekolah Menengah pertama di Salatiga, Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 6(2): 280.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R. & D. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umar dan Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Uhbiyati, Nur. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.