Meningkatkan Inovasi Dan Kreativitas Pembelajaran Guru Di RA Muslimat NU

Main Article Content

M. Ilham Zubairi
Abdur Rohim

Abstract

Salah satu pendidikan formal yang ada di Dusun Putuk Desa Songowareng adalah pendidikan RA, ditempat tersebut ditemukan beberapa masalah diantaranya ialah minimnya SDM (Tenaga Pendidik RA), sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai, kondisi bangunan sekolahan yang sudah tidak layak, serta strategi pembelajaran yang terkesan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui betapa pentingnya inovasi dan kreativitas guru dalam memberikan materi pelajaran di sekolah RA (Raudhatul Athfal) serta pendekatan pembelajaran yang pas untuk mendidik anak-anak Usia Dini. Dalam hal ini pendekatan yang menjadi materi yakni pendekatan Joyfull Learning. Yang mana pendekatan Joyfull Learning dapat membawa suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan tanpa tekanan. Penelitian ini menggunakan metode Partisipatory Action Research (PAR) dengan terjun dan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran di RA (Raudhatul Athfal). Dalam rangka meningkatkan inovasi dan kreativitas guru, maka dari itu kelompok KKN 01 IAI TABAH, mengadakan kegiatan seminar pendidikan. Pemberian materi dan metode yang tepat, disesuaikan dengan permasalahan yang telah ditemukan oleh peneliti selama terjun di RA Muslimat NU Putuk. Serta pemberian materi pendidikan diberikan terhadap pendidik yang dilakukan dengan seminar pendidikan sehingga diharapkan pembelajaran yang ada di RA tersebut selanjutnya lebih inovatif, kreatif, bervariasi dan mampu memperbaiki sistem pembelajaran para peserta didik dengan baik.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
M. Ilham Zubairi, & Rohim, A. (2022). Meningkatkan Inovasi Dan Kreativitas Pembelajaran Guru Di RA Muslimat NU . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 47-59. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v1i1.1828
Section
Articles

References

Abidin, A. Mustika. 2017. Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika. 11 (2): 228.
Catur. 2008. Joyfull Learning. Http://Chatarinacatur.Wordpress.Com /2008/10/15/ Joyful Learning, diakses tanggal 15 September 2022.
Djamarah, Bahri. 2010. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.
Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Karomah, Wardatul. 2022. Seminar Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Pembelajaran Guru RA, Songowareng: KKN 01 IAI TABAH.
Mashuri, Imam dkk. 2021. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Ibnu Sina Genteng”. Jurnal Incare. 2 (4): 453.
Masyhuri, Taqiyuddin. Mengelola Pendidikan Islam Raudlatul Athfal. Jurnal TaqiyuddinMasyhuri. 2 (2): 63.
Muhammedi. 2017. Peran Raudhatul Athfal (RA) Dalam Membina Generasi Islam Yang Berkarakter. Jurnal Raudhah. 1 (1): 2.
Mulyasa, Enco. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu
Rahmawati, Yeni., dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. t.t: Raja Grafindo Persada.
Salman, Ibnu., dan Widodo, Agus. 2020. Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal Dalam Telaah Renstra Kemenag. Jurnal Modeling. 7 (2): 168.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Septiatiek, Dianika. 2020. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Kreatif Anak Usia Dini. Palembang: Universitas PGRI Palembang.
Sitepu, Juli Maini., dan Nasution, Mawaddah. 2018. Kreativitas Pembuatan Media Pembelajaran Big Book Pada Guru-Guru RA Di Kecamatan Medan Maimun. Jurnal Prodikmas. 3 (1): 15.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.