Pemberdayaan Siswa SBJK dalam Peningkatan Kompetensi Membaca Melalui Seminar Gemar Membaca dan Pembukaan Mini Library Shah Alam Selangor Malaysia
Main Article Content
Abstract
Sanggar Bimbingan Jalan Kebun adalah sebuah sekolahan yang bergerak di bidang pendidikan. Selama ini permasalahan yang dihadapi oleh sanggar bimbingan ini adalah banyaknya siswa yang belum bisa membaca. Semua pendidik berharap anak didiknya menguasai keterampilan membaca Salah satunya adalah siswa dapat membaca dengan lancar. Penelitian ini dilakukan dengan metode PAR (Participation Action Research) yang bertujuan membantu suatu kelompok masyaraka keluar dari permasalahan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pengelola,, diketahui bahwa Rendahnya keterampilan membaca disebabkan oleh minimnya minat baca siswa dan fasilitas sanggar yang belum maksimal. Salah satunya adalah fasilitas perpustakaan yang seharusnya dimiliki oleh setiap sanggar Karena sanggar ini berada di kantor NU. Melihat kondisi ini dengan berbagai pertimbangan, kami berinisiatif untuk mengadakan gerakan literasi sekolah yang bertajuk pada “seminar gemar membaca dan pembukaan Mini library”. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya minat baca siswa SBJK dan membuahkan tingginya kompetensi baca mereka. Kegiatan seminar ini dihadiri oleh seluruh siswa Sanggar Bimbingan Jalan Kebun yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara pelaksanaan gerakan literasi sekolah dengan peningkatan minat baca pada siswa sanggar bimbingan jalan kebun. Hasil dari kegiatan tersebut dapat dilihat dari antusiasme siswa Sanggar Bimbingan Jalan Kebun untuk membaca di Mini Library dan buku-buku lain.
Jalan Kebun Guidance Studio is a school that operates in the field of education. So far, the problem faced by this guidance studio is that there are many students who cannot read. All educators hope that their students master reading skills. One of them is that students can read fluently. This research was conducted using the PAR (Participation Action Research) method which aims to help a community group get out of problems. Based on the results of observations and interviews with managers, it is known that the low reading skills are caused by students’ lack of interest in reading and studio facilities that are not optimal. One of them is the library facilities which every studio should have because this studio is located in the NU office. Seeing this condition with various considerations, we took the initiative to hold a school literacy movement entitled “reading hobby seminar and opening of a mini library”. With this activity, it is hoped that it can increase SBJK students’ reading interest and achieve high levels of their reading competency. This seminar activity was attended by all 38 students of Jalan Kebun Guidance Studio. Based on the research results, it is known that there is a strong and significant influence between the implementation of the school literacy movement and increasing interest in reading among students at the Garden Path guidance studio. The results of this activity can be seen from the enthusiasm of the students of Jalan Kebun Guidance Studio to read in the Mini Library and other books.
Downloads
Article Details
How to Cite
References
Al-Qur’an Surat Al-Alaq ayat 1-5, Qur’an Tajwid dan Terjemah. 2006. Departemen Agama Republik Indonesia. Jakarta: Maghfirah Pustaka.
Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Aspek Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grafindo.
Fadila Ita Qulloh W. 2021. “ Pengembangan Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Santri Pada Perpustakaan Mini Pesantren Pelajar ALFath Rejomulyo Kediri “Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat “.Institut Agama Islam Negeri Kediri. 1(2) Maret 71-78.
Fitrah. Dkk. 2020. Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Berbasis Participatory Action Research (KKN-PAR). Bima: LPPM IAI Muhammadiyah Bima.
Handayani, G. Adisyahputra, A. & Indrayanti, R. 2018. “Correlation between integrated science process skills, and ability to read comprehension to scientific literacy in biology teachers students. Biosfer” Jurnal Pendidikan Biologi”. 11(1). 22-32.
Hanggi, Olovia Herlina. 2016. “Tiga Perubahan Kecil dalam Literasi Sekolah.” Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Hernowo. 2003. Quantum Reading: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Membaca. Bandung: Mizan Learning Center.
Kartika. 2012. Modul Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Seminar Pendidikan. TK: TP. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. akarta: Bumi Aksara.
Rahmania, S. Miarsyah, M. & Sartono. 2015. “ The difference scientific literacy ability of student having field independent and field dependent cognitive style. Biosfer,”Jurnal Pendidikan Biologi”. 8(2). 27-34.
Rahmat, Abdul dan Mirnawati, Mira. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyrakat” Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal”,Universitas Negeri Gorontalo. 06 (01) Januari 64- 65.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Supriyadi. Dkk. 1992. Materi Pokok Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Dapertemen P dan K
Suyadi. 2013. Panduan Penelitian Tidakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.
Winkel dan Hastuti, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseliing di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter ,Pilar, Dan Implementasi. Jakarta :Prenadamedia Group.
Zuchdi, Darmiyati. dan budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah, Yogyakarta: PAS.