Pendampingan Peningkatan Profesional Manajemen Bagi Pengurus OSIS
Main Article Content
Abstract
Seiring dengan laju gerak pembangunan, organisasi-organisasi publik maupun organisasi pendidikan semakin banyak yang mampu memanfaatkan teknologi informasi baru yang dapat menunjang efektivitas, produktivitas dan efisiensi mereka (Fitriana and Bakri, 2019), begitu juga sebuah lembaga pemerintahan. Peran serta OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah dalam menunjang pencapaian visi dan misi sekolah tidak dapat dikesampingkan. OSIS mampu memberikan kontribusi yang positip bagi sekolah yang bersangkutan. Keberadaan OSIS mampu memperlancar kegiatan di sekolah baik yang bersifat intra kurikuler maupun ekstra kurikuler. Mengingat begitu besar peran OSIS dalam menunjang pencapaian visi dan misi sekolah, maka kinerja para pengurusnya harus dapat diandalkan. Pentingnya penguatan manajemen pada pengurus OSIS dalam suatu lembaga Pendidikan sangat dibutuhkan demi kelancaran organisasi serta peran dalam organisasinya. Terkait manajemen dalam suatu lembaga pendidikan dapat disinggung dalam pembahasan, yaitu OSIS dan problematikanya, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan serta tantangan manajemen. Dalam manajemen suatu lembaga intra sekolah harus memiliki korelasi yang tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu bagian dari manajemen tidak berjalan yang terjadi adalah macetnya proses pembelajaran dalam organisasi tersebut.
Hasil pendampingan memberikan petunjuk kepada pembaca bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas layanan organisasi siswa, Adapun tindakan kontributif tersebut adalah pendampingan dalam penyusunan program kerja organisasi, pendampingan dalam dinamika dan sharing urusan keorganisasian, pendampingan dalam evaluasi kerja pengurus organisasi, pendampingan dalam kegiatan efektifitas kedisiplinan siswa dalam berbagai kegiatan, dan pelaksanaan mini workshop tentang kepemimpinan dan manajemen.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Damayanti and H. Sulistiani (2017), "Sistem Informasi Pembayaran Biaya Sekolah Pada SD Ar-Raudah Bandar Lampung," Jurnal TEKNOINFO, vol. 11, no. 2, pp. 25-29.
Greenberg, J. And Robert A. Baron., (2014). Behavior in Organization International Edition, New Jersey: Prentice Hall
Kencana.Musolin, M. (2020). Manajemen Kesiswaan Pada Madrasah Tsanawiyah Al Iman Bulus Gebang Purworejo Tahun Ajaran 2019/2020. Madinah: Jurnal Studi Islam, 7(1), 53–67.
Manik, M. A. (2016). Tantangan Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2(1).
Mardliana, I. H. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Menunjang Pelaksanaan Ujian Nasional Computer Based Test (UN-CBT) di Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.Musfah, J. (2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik.
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen pendidikan. Jakarta. RajaGrafika Persada.Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of IslamicEducation Management , 1(1), 73–77.https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Rohiyatun, B. (2019). Standar Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Visionary:Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 4(1).
Sahibuddin, M. S. M. (2018). Aktualisasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah. TaLimuna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 162–176.http://dx.doi.org/10.32478/ta.v4i2.120
Triyono, A. (2019). Upaya melengkapi sarana dan prasarana pendidikan madrasah. El-Hamra, 4(1), 99–105.
Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18–29.http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.688
Usman, J. (2017). Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 219–246.http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v11i2.1170
Utari Langeningtias, Achmad Musyaffa’ Putra, Ulviana Nurwachidah1282Jurnal Pendidikan Indonesia(Japendi), Vol. 2 No. 7 Juli2021