Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Upaya Optimalisasi Strategi Digital MAarketing

Main Article Content

Avif Alfiyah
Ahmad Masyhadi

Abstract

Di era saat ini, strategi pemasaran yang berbasis digitalisasi memberikan solusi bagi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan media digital dalam memasarkan produk mereka, sehingga konsumen menjadi lebih familiar dengan produk UMKM tersebut. Di Desa Brangsi, merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. Desa yang terkenal akan kesuburan tanahnya serta tingginya jiwa sosial pada mesyarakat Desa Brangsi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya organisasi masyarakat di Desa Brangsi, salah satunya UMKM Mekar Jaya Brangsi. UMKM merupakan sebuah organisasi yang berisikan kumpulan beberapa pedagang yang ada di Desa Brangsi, banyak dari pelaku ekonomi (UMKM) masih bergantung pada metode pemasaran offline yang sederhana tanpa dukungan teknologi. Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi hal tersebut, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan para pelaku ekonomi (UMKM) terhadap perkembangan teknologi. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop pelatihan, yaitu pengetahuan mengenai  digital marketing  untuk menjadi  pelaku  UMKM di bidang ekonomi  supaya  banyak diminati oleh konsumen. Kegiatan ini memberikan manfaat dan inovasi dalam strategi pemasaran serta membantu menyusun rencana tindak lanjut untuk menjalankan bisnis online di UMKM Desa Brangsi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfiyah, A., & Masyhadi, A. (2024). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Upaya Optimalisasi Strategi Digital MAarketing . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 14-20. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2955
Section
Articles

How to Cite

Alfiyah, A., & Masyhadi, A. (2024). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Upaya Optimalisasi Strategi Digital MAarketing . PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 14-20. https://doi.org/10.58518/paritcipatory.v3i2.2955

References

Febriyantoro, Mohamad Trio dan Debby Arisandi. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean dalam Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD) Vol. 1 No. 2 Juli (2018) https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Kartasasmita, Ginandjar. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: Pustaka Citasindo.
Pradiani, Theresia. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan dalam jurnal Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia (JIBEKA) Vol. 11 No. 2 Februari (2017) https://doi.org/10.32815/jibeka.v18i2
Rachmawati, Fitri. 2018. Penerapan Digital Marketing sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pahlawan Ekonomi Surabaya. Skripsi prodi ilmu komunikasi fakultas dakwah dan komunikasi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Restina, Amanda Dhea dkk. (2022). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM Di Kelurahan Turi Kota Blitar dalam Literasi; Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi Vol. 2 No. 2 (2022) https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1289