Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini

Main Article Content

Nyssa Shofira

Abstract

Budaya baca harus menjadi  kebutuhan, kegemaran dan kebiasaan. Untuk menyikapi tuntutan tuntutan tersebut melahirkan polemik internal yang membolehkan mengajarkan membaca bagi anak usia dini dan yang tidak membolehkan karena hawatir menjadi tekanan atau pemaksaan  bagi anak. Penulisan artikel ini bertujuan membuka wawasan bagi  para orang tua/pendidik untuk memahami bagaimana mengajar anak membaca sesuai dengan karakteristi dan perkembangannya dimana hal ini tidak menjadi polemik lagi di masyarakat. Dilapangan sudah banyak metode-metode membaca yang menarik bagi anak, dengan demikian ini tugas para pendidik baik orang tua maupun guru untuk memilih atau menciptakan metode yang tepat bagi anak usia dini, tentunya yang tidak  membebani. Dengan demikiann menanamkan kemampuan membaca itu penting, karena membaca bagian dari perkembangan bahasa bagi anak usia dini.


Kata Kunci: metode membaca huruf abjad, anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Shofira, N. (2022). Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 20-25. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1795
Section
Articles

References

Andrew Schiller, (1971). Teach Children To Read Their Fadher Tonque , Coordinating Reading Instruction, Scoot Foresman and Company.
Albana Muhammad (2007). Selamat Anak Anda Luar Biasa. Solo. Iltizam
Ardy Wiyani Novian, ( 2014).Psikologi perkembangan Anak Usia Dini, Yogyakarta: GAVA MADIA
Brown, S. (1990). Activities Fpr Teaching Using the Whole Language Approach, USA: Charles thomas Publisher.
Musfiroh, Tadkiroatun, (2008), Cerdas Melalui Bermain, (Cara Mengasah Multiple Intelligence Pada Anak Sejak Usia Dini), Jakarta : PT. Gramedia
Rahman Hibana S (2005). Konsep Dasar Pendidikan anak Usia Dini. Yogyakarta. Grafindo Litera Media.
Hurlock, B, Elizabeth, ( 1980 ). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan), Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama.
Hartati, T(1998). The Effectiveness of steinberg Early Reading, Program on the Ability of Reading at Preschool Level, Malaysia: University Sains.
Sunaryo, Selamet, (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Hikayat Publishing.