Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal

Main Article Content

Asri Yulianti

Abstract

Dalam tahap awal pembentukan dan penanaman ilmu pendidikan yang akan diterima oleh setiap individu tentu akan dimulai dari dalam atau dari yang terdekat, yaitu keluarga atau lingkungan terdekatnya sebagai pendidikan pertama atau pendidikan informal. Penanaman ilmu pun tidak hanya dari satu sisi, maka dari itu pendidikan agama pun perlu di tanamkan sejak dini melalui pendidikan informal. Pendidikan agama islam yang berfungsi sebagai salah satu faktor pendorong dalam pembentukan pendidikan yang baik untuk kedepannya. Maka dari itu penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pendidikan informal tentu membutuhkan bekal dan persiapan yang baik dari segala sisi untuk pemberian dan penerapan hal tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan memiliki referensi dari jurnal yang diakses dari Scholar.


Kata Kunci: Agama; Anak; Nilai; Islam; Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yulianti, A. . (2022). Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 55-60. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1806
Section
Articles

How to Cite

Yulianti, A. . (2022). Penanaman Agama Islam dalam Pendidikan Informal. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 55-60. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1806

References

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millennial. FENOMENA, 55-76
Darlis, A. (2017). Hakikat Pendidikan Islam: Telaah Terhadap Hubungan Pendidikan Informal, Non Formal dan Formal. Jurnal Tarbiyah, 24(1).
Octaviani.(2019). Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa Kutawaringin Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu.
Nurlaili.(2013). Metodologi Pendidikan Islam Formal-Informal (Analisa Pendidikan Di Rumah Dan Sekolah).
Nudin, B. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Montessori Di Safa Islamic Preschool. Vol. XVI, No. 1
Rizky, N R, dkk. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Islam Melalui Komunikasi Interpersonal Orang Tua Pada Anak. Vol 1, No 2
Ansori A & Shaleh. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Islam Informal Pada Remaja: Solusi Di Masa Pandemi Covid-19. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(3), 2020, 302-313
Maria, Ulpah (2021) Pelaksanaan Pendidikan Informal Dalam Keluarga Muslim Di Desa Campang Lapan Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan.
Risnawati, A & Priyantoro D E. (2021). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran. Vol 6 No 1
Nurfalah, Yasin. 2018. Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam terhadap Anak Didik. Jurnal Tribakti Vol. 29 No. 1
Ainiyah, Q., & Karsiyah, K. (2017). Konsep Kesatuan Iman, Iptek dan Amal Menuju Terbentuknya Insan Kamil dalam Perspektif Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan . https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.620
Sahlan, Kholid Ahmad. 2020. Metode Orang Tua Dalam Menanamkan Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia ParipurnaNilainilai Pendidikan Agama Islam Di Lingkungan Eks Lokalisasi Desa Kaliwungu Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. [Tesis].
Arifuddin & M. Ilham. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal Terhadap Pembinaan Karakter Anak. Journal Of Islamic Education Vol 3, No 1.
Harahap, M & Siregar, Lina M. 2017. Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna.Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah Vol 2, No 2
Sudiapermana, Elih. 2009. Pendidikan Informal. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah Vol 4, No 2