Peranan SPS Taman Posyandu Melati Indah dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Wardatul Karomah
Ratih Kusumaningtias
Insiya Asmawati

Abstract

Minat Belajar adalah menjadi ruh dalam pendidikan dan pembelajaran karena dengan memiliki  minat belajar maka peserta didik akan lebih mudah mudah memahami setiap yang disampaiakan oleh pendidik dalam kegiatan belajar mengajar dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapainya. Apabila minat belajar peserta didik tinggi, maka akan semain tinggi hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui peranan SPS Taman Posyandu Melati Indah Drajat dalam meningkatkan  minat belajar peserta didik  dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat peranan SPS Taman Posyandu Melati Indah Drajat dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif  dengan pendekatan studi kasus. Peranan SPS taman posyandu melati indah Drajat untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dapat melaksanakan tiga peranan yakni: peranan normatif (kebijakan perencanaan), peranan ideal (pelaksana) dan peranan faktual (pelaksanaan). Dimana dalam pelaksanaannya juga terdapat faktor pendukung dan penghambat peranan SPS sebagai penyelenggara pendidikan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik adalah dengan adanya faktor pendukung dan penghambat dalam setiap perannya, baik peran dalam perencanaan, pelaksana maupun pelaksanaan. Dimana setiap faktor tersebut sangat berpengaruh dalam menumbuhkan dan meningkatkan minat belajar pada anak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Karomah, W., Ratih Kusumaningtias, & Asmawati, I. (2023). Peranan SPS Taman Posyandu Melati Indah dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 54-60. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/2059
Section
Articles

References

Cahyani, Indah, Dwi dkk. (2021). Peran lembaga pendidikan dalam membentuk karakter peserta didik era 4.0 di sekolah Indonesia di Kuala Lumpur. Jurnal Ilmiyah JEID. IAIN Kudus.
Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah. (2015). Peranan Guru sebagai Pelaksana dalam proses Pembelajaran. Semarang: Modul Diklat.
Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, Imam. (2016) Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya.
Mulyasa. (2016). Menejemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Surabaya: Remaja Rosdakarya.
Soekanto,Soerjono. (2002). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trismayanti. (2019). Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Skripsi. IAIN Pare-Pare.