Alhamdulillah Rabb al-'Alamin, puji syukur panjatkan kehadirat Allah S.W.T  Yang Maha Esa karena atas rahmat dan inayah-Nya sehingga Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021  ini dapat terbit. Shalawat dan salam senantiasa tercurah keharibaan Nabi Muhammad S.A.W beserta keluarga dan para pengikutnya termasuk para muhadditsin yang senantiasa memelihara dan menghidupkan sunnahnya. Sekalipun banyak didapatkan fenomena tentang kajian dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021  ini, pengelola sudah berusaha mengumpulkan data-data yang mencakup kajian Pendidikan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun demikian, pastilah ditemukan banyak kekurangan. Oleh karena-nya perbaikan dan koreksi menjadi tanggung jawab bersama. Redaksi menyadari sepenuhnya Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021  ini telah melalui pengeditan dengan sempurna, paling tidak ini bisa menjadi langkah awal “starting poin” untuk memotivasi penulis-penulis yang lain dalam meneliti untuk melahirkan karya-karya lain yang lebih baik, berbobot dan mempublikasikan dalam Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 4 Nomor 1 Juni 2021 ini.

Published: 2021-06-16

Analisis Kebijakan Pemerintah Dalam Pendidikan Agama Dan Keagamaan Di Indonesia


Eva Sofia Sari, Avif Alfiyah, Fitrah Sugiarto Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Indonesia

1-10

Abstract View: 467 , Download: 2882
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.672

Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Di MI


Noor Hafidhoh Institut Agama Islam Pengeran Diponegoro Nganjuk, Indonesia
Muhammad Rizal Rifa’i Institut Agama Islam Pengeran Diponegoro Nganjuk, Indonesia

11-18

Abstract View: 3463 , Download: 20213
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.673

Penanaman Moderasi Islam Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah


Lujeng Luthfiyah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

19-32

Abstract View: 370 , Download: 406
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.674

Komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini


Musrifah Musrifah Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

33-41

Abstract View: 403 , Download: 1851
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.675

Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah


Siti Fatimah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya, Indonesia
Syamsudin Syamsudin Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya, Indonesia

42-60

Abstract View: 399 , Download: 1970
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.684

Paradigma Baru Pendidikan Islam


Sazli Rais, Shopian Hidayatulloh, Haeru Taofiqillah Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

61-71

Abstract View: 369 , Download: 896
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.677

Perspektif Guru Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pembelajaran Daring MI Ihyaul Islam Bolo Ujungpangkah Gresik


Sirli Fuadah Rohmah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

72-79

Abstract View: 135 , Download: 236
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.1692

Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Islamiyah Pucangtelu Lamongan


Zayyin Kholishotul Ma’rufah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Malang

80-86

Abstract View: 77 , Download: 97
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.1693

Observasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Pematang Gajah Muaro Jambi


Devi Yarisandi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN STS Jambi

87-93

Abstract View: 169 , Download: 720
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.1694

Gerakan Pendidikan Islam Kontemporer Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri 2 Mataram


Eva Sofia Sari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB
Husnul Hotimah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram

94-108

Abstract View: 115 , Download: 168
DOI: https://doi.org/10.58518/awwaliyah.v4i1.1696