Pengaruh Reputasi Bank dan Etika karyawan Terhadap Loyalitas Nasabah
This study aims to determine the effect of bank reputation and employee ethics on customer loyalty (a case study of BTN Syariah KCPS Kendari bank customers) partially and simultaneously. Source of data used in this study is the primary data questionnaire. This study uses a quantitative method because it aims to confirm the data obtained in the field with the existing theory. Samples were obtained by 97 customer respondents at BTN Syariah. Meanwhile, the data collection technique was carried out using the questionnaire method, and literature study. Data were processed using reliability, validity, classical assumptions, multiple linear regression tests, hypothesis testing and coefficient of determination tests using the IBM SPSS 26 for windows program. The results of the data processing indicate that the bank's reputation partially has a significant effect on the customer loyalty variable as indicated by the large t test value of 5.430 > 1.98552. Employee ethics partially has a positive and significant effect on customer loyalty of 3.297 > 1.98552. The results of the t test show that the variables of bank reputation and employee ethics are variables that affect customer loyalty at Bank BTN Syariah. while for the f test the results of bank reputation variables and employee ethics have a joint effect on customer loyalty.
Afriliansyah, P. A. . Pengaruh Reputasi Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Dan Retensi Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI KC. Blimbing Malang).
Agung, A. A. P. . Metodologi Penelitian Bisnis. UB Press, 2012
Andi mardiana, N. aim kasim. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Butik Busana Muslim Anisa Kota Gorontalo. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2).2016
Andreassen, T. W. Satisfaction, Loyalty, and Reputation as Indicators of Customer Orientation in the Public Sector. International Journal of Public Sector Management, 7,1994
Ascarya, D. Y. (). Bank Syariah: Gambaran Umum. Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan, PDF, 2005
Assauri, S. Strategic Marketing. PT Raja Grafindo, 2012.
Barnes, J. G. (2003). Secrets Of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Andi, 2003
Charles J. Fombrun. (1996). Reputation: Realizing Value From The Corporate Image. Harvard Business School Press.
Dharmayanti, D. (2006). Analisis Dampak Service Performance Dan Kepuasan Sebagai Moderating Variable Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(1).
Dharmmesta, B. S. (2009). Loyalitas Pelanggan : Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 14(3).
Fahlepi, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan.
Fitriani, E. L. (2018). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna E-Banking. Thesis Unpublished.
Griffin, J. (2002). Customer Loyality.Edisi Revisi dan Terbaru . Terjemahan Oleh Dwi Kartini Yahya. Erlangga.
Harahap, S. S. (2011). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Salemba Empat.
Hasanah, R. M. (2015). Pengaruh Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Internet Banking (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Bogor). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Herliana, A. F. (2018). Pengaruh Reputasi Merek Dan Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Di Unit Bri Kecamatan Karangwuni Kabupaten Klaten Tahun 2018). Universitas Widya Dharma.
Ikawati, R. T. (2011). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna ATM Pasca Isu Cybercrime (Studi pada Nasabah BCA di Surabaya). Jurnal Business and Economics, 21.
Kamilullah, J. (2018). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Reputasi Terhadap Loyalitas Konsumen Online Shop Dalam Pembelian Produk di Toko XYZ. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(7).
Kasmir. (2005). Etika Customer Service. Pt Grafindo Persada.
Kasmir. (2008). Pemasaran Bank. Kencana Prenada Media Group.
Kumorotomo, W. (2016). Sistem Informasi Manajemen dalam Organisasi_Organisasi Publik. Gadjah Mada University PKumorotomo.
Lovelock, C. (2013). Pemasaran Jasa-Perspektif Indonesia, terj: Dian wulandari. PT Raja Grafindo.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa (Teori Dan Praktek), Edisi Pertama. Salemba Empat.
M Rahman, A. (2019). Efisiensi Bank Umum Syariah Milik Pemerintah Daerah di Indonesia. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4, 253–273.
Mahbab, U. M. A. (2016). Pengaruh Etika Karyawan Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Di Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Dinar Amanu Panjerejo Rejotangan Tulungagung. 12–26.
Mardani. (2014). Hukum Bisnis Syariah. Prenada Media Group.
Marlius, D. (2017). Loyalitas Nasabah Bank Nagari Syariah Cabang Bukittinggi Dilihat Dari Kualitas Pelayanan. Jurnal Pundi, 1(3), 33–41.
Muliawati, N. (2019). Pengaruh Kepuasan dan Reputasi Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Tbk Kantor Cabang Pembantu Pandeglang. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Munawaroh. (2016). Penerapan Nilai-Nilai Islam Pada Bank Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Nanue, M. I. (2018). Pengaruh Reputasi Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Bni, Tbk Cabang Gorontalo.
Nurmatias, F. (2015). Pengaruh Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin Dumai. Jurnal Tamaddun Ummah, 1(1), 2477 – 3131.
Poedjawiyatna. (2003). Etika Filsafat Tingkah Laku. PT Rineka Cipta.
Pratiwi, H. D. (n.d.). Pengaruh Reputasi Perusahaan Dan Kualitas Website Terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Dalam Bertransaksi Secara Online.
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing.
Putri Ayu Elvira. (2021). Pengaruh Etika Kerja Dan Loyalitas Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Tabungan Negara Syariah Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction. Gramedia.
Royani, A. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Kc Bank Muamalat Purwokerto). Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Ruslan, R. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada. (2008).
Rustam, B. R. (. Manajemen Risiko Perbankan Syariah di Indonesia. Salemba Empat. 2013)
Safitri, S. W.. Pengaruh Pelayanan Prima Dan Etika Bisnis Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat KC Makassar. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSSAR., Nuji 2020
Sholihin, I. Pengantar Bisnis (Pengenalan Praktik Dan Studi Kasus) Edisi Pertama. Kencana. MBKM /2001
Simorangkir. ETIKA : Bisnis, Jabatan, dan Perbankan. PT Rineka Cipta, 2003.
Siregar, Statistik Paramerik Untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi Dengan Perhitungan Manual & Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara. (2017
Sodiman. Sertifikasi Hilal Produk Makanan SEbagai Perlindugan Konsumen Muslim; Studi di lembaga pengkajian pangan Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia Sulawesi Tenggara. Li Falah Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3., 2018
Sugiyono. . Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta Bandung, 2015
Sujianto, A. ). Aplikasi Statistik Dengan SPSS 16.0. PT Prestasi Pustakarya.
Sukirno, S.. Pengantar Bisnis. Kencana.2006
Tarigan, R. M. (2014). Pengaruh Citra Merek Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Program Strata-1 Manajemen Ekstensi Departemen Menejemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. 2014
Warsito, W. S. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya Cabang Dago Bandung. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2).2018.