Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah
(Studi Desa Gadu Timur, Kecamatan Ganding, Sumenep)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap bank syariah dan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi masyarakat khususnya masyarakat di Desa Gadu Timur, Ganding, Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, buku, jurnal dan lain-lain. Persepsi masyarakat Gadu Timur terhadap bank syariah masih minim. Meski demikian, masih sedikit masyarakat yang mengetahui tentang bank syariah. Faktor-faktor tersebut dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan tentang perbankan syariah, kebutuhan, sikap (afektif), keterampilan (psikomotorik), suasana hati, minat, perhatian, nilai dan kepribadian. Hal ini secara umum menunjukkan bahwa meskipun masyarakat telah menyadari kehadiran perbankan syariah sebagai solusi untuk menghindari sistem bunga atau riba, namun hal tersebut tidak serta merta mendorong masyarakat untuk memilih menjadi nasabah bank syariah.
‘Data Penduduk Balai Desa Gadu Timur 2020’
‘Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi 4’ (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2012), p. 1061
Djali, Psikologi Pendidikan (:Bumi Aksara, 2008), Hlm. 212. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Fadilah, Nita, ‘Analisis Pengaruh Kepercayaan Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah Dalam Mendorong Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Masyarakat BTN Makkio Baji, Kec. Manggala)’, Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makkasar, 2022, 16
Habibi, Wawancara, 2022
Haryanto, Rudy, Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Pamekasan: Duta Media Publishing, 2021)
Hermanto, Bambang, and Syahril, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah Di Kabupaten Sumenep’, PERFORMANCE: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, Volume 10, No. 1 (2020), 78.
‘Https//Laporan Keuangan Ojk.Go.Id’
Huda, Nurul, and Muhammad Heykal, ‘Dan Lembaga Keuangan Islam’, Jakarta: Kencana, 2010, 35–37
Jannah, Nur, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah (Studi Masyarakat Sihepeng Induk Kecamatan Slabu)’, Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padang Sidimpuan, 2020, 14
Komariyah, Fitri, and Ali Farhan, ‘Pengaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah: Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Sidoarjo Dan Surabaya’, Media Mahardhika, Vol. 18 No. 3 (2020), 342
Kurli, Anis, ‘KonstruksiKiai Oleh Masyarakat Desa Gadu Timur Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep’, Komunikasi, Volume IX, No. 1 (2015), 41-56.
Linggawijaya, Hisyam Armana, ‘Student Perceptions of Saving Products in Syariah Banking (Case Study Student University of Darussalam Gontor Campus 6, Magelang)’, Journal Of Islamic Economicus and Philantrophy (JIEP), Vol. 02, No. 03 (2019), 392
Meleong, Lexy J, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2012)
Muhammad, Manajemen Dana Bank Syariah (Jakarta: Rajawali Press, 2014)
Mukadar, Amir, ‘Persepsi Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Terhadap Bank Syariah Di Kecamatan Ratu Samban Kota Bengkulu’, Journal Ekombis Review, Vol. 9 No. 2 (2021), 224.
Murhani, ‘Persepsi Tokoh Agama Terhadap Bank Syariah Di Aceh (Studi Di Kecamatan Pantee Bidari, Kabupaten Aceh Timur)’, Skripsi: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 2020, 35
Naqiyatin, Ummu, ‘Studi Komparasi Manajemen Pelayanan: Persepsi Masyarakat Guluk-Guluk Sumenep Terhadap Lembaga Perbankan Syariah Dan Lembaga Keuangan Syariah Non-Bank’, ECONOMICUS, Jurnal Of Economic, Volume II, No. 1 (2017), 59
Nofinawati, ‘Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia’, JURIS, Volume 14, Nomor 2 (2015), 173
Nursihabuddin, dkk, Apud, Persepsi Masyarkat Petani Tentang Perbankan Syariah (Cirebon: CV: Elsi Pro, 2020)
Nurulloh, Ahmad, ‘Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Dalam Bermainritmis Melalui Metode Latihan Dan Metode Audio Di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional Kota Gede, Yogyakarta’, Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013, 8
Oktaviana, Dila Rukmi, ‘Hakikat Manusia Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan, Filsafat Ilmu Agama’, Jurnal Tawaddu’, 2021, 148
Payabadar, Fitriyana, and Husni Thamrin, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Perkembangan Produk Perbankan Dan IKNB Syariah Di Kota Pekanbaru’, Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5 (1) (2022), 14
Rackhmat, Jalaluddin, ‘Psikologi Komunikasi’, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2011, 51
Sapruroddin, Edi, ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Produk Perbankan Syariah’, Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 2019, 32
Sholeh, Adnan Achiruddin, Psikologi Umum (Makassar: Aksara Timur)
Sholihah, Ashfi, ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur’, Jurnal Educati0, Vol.10, No.1 (2015), 75
Siregar, Mulia, ‘Hubungan Antara Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dengan Semangat Kerja Pada Karyawan Bank Mandiri Cabang Balige’, Jurnal Diversita, Vol. 5 (1) (34), Juni (2019)
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D (Bandung: CV Alfabeta, 2002)
Sukardi, Metode Penelitian Pendidikan, Komperensi Dan Praktiknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Wardani, Isnianti Safitri, ‘Persepsi Etnis Madura Terhadap Perbankan Syariah’, Skripsi: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, 2020, 39
Yuliani, Elsi, ‘Perbandingan Persepsi Masyarakat Nagari Simanau Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Terhadap Bank Syariah Dan Bank Konvensional’, Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, 2021, 8