Filsafat Kependidikan Islam Klasik:  Telaah atas Pemikiran Kependidikan  Prespektif Al-Ghazali

Tujuan tulisan ini yang akan membahas biografi singkatnya serta pemikiran tentang pendidikan Islam.  Yang menyangkut tentang tujuan Pendidikan, kurikulum, adab guru dan murid, khususnya dalam pendidikan Islam. Dengan tujuan untuk memberi orang lebih banyak pengetahuan tentang pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Islam. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendapatkan data dalam penelitian ini. Jenis penelitian kepustakaan adalah penelitian yang datanya diperoleh dari proses memeriksa buku, yang merupakan sumber data primer dan sekunder. Analisis konten adalah teknik analisis data yang memecahkan masalah menjadi susunan konseptual, kemudian diberi kode atau nama, dan kemudian hasilnya digunakan untuk membuat kesimpulan tentang pesan yang ada di dalam teks yang diteliti Hasil penelitian memberikan pengetahuan tantang pemikiran dalam perspektif Al-Ghazali, dimana dunia Pendidikan harus memprioritaskan penghormatan terhadap ilmu pengetahuan, yang dianggapnya penting. Konsekuensi dari penghormatan terhadap ilmu adalah penghormatan terhadap guru. Imam al-Ghazali juga menekankan pentingnya memperhatikan faktor-faktor yang urgens dalam dunia pendidikan. Selain itu, pemikiran al-Ghazali terkait hidup dan nilai-nilai kehidupan, pembentukan kurikulum sesuai dengan porsi ilmu dan minatnya yang besar terhadap ilmu pengetahuan juga menjadi elemen-elemen penting dalam pembelajaran.

Cara Mengutip
Kusuma Ningtias, R., & Aji Nugroho, M. (2025). Filsafat Kependidikan Islam Klasik:  Telaah atas Pemikiran Kependidikan  Prespektif Al-Ghazali. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 21-32. https://doi.org/10.58518/darajat.v8i1.3822

Ratih Kusuma Ningtias

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan, Indonesia

Muhammad Aji Nugroho

Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (March 1, 2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3394.

AL-Rasyidin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT CIPUTAT PRESS, 2005.

Arifin, M. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern, n.d.

Azhari, Devi Syukri, and Mustapa Mustapa. “KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP) 4, no. 2 (November 13, 2021): 271–78. https://doi.org/10.31004/JRPP.V4I2.2865.

Bargeron, Carol L. “Sufism’s Role in Al-Ghazālī’s First Crisis of Knowledge.” Medieval Encounters 9, no. 1 (2003): 32–78. https://doi.org/10.1163/157006703322576538.

Barni, Mahyuddin, and Diny Mahdany. “Al Ghazāli’s Thoughts on Islamic Education Curriculum.” Dinamika Ilmu, December 31, 2017, 251–60. https://doi.org/10.21093/DI.V17I2.921.

Burhan, Jurnal Al, and Al-Ghazali Nurhikmah. “CHARACTER EDUCATION ISLAM FROM THE VIEWS OF IMAM AL-GHAZALI.” Jurnal Al Burhan 4, no. 1 (June 8, 2024): 53–66. https://doi.org/10.58988/JAB.V4I1.300.

Fadhil, Muhammad Yusuf, and Saliha Sebgag. “Sufi Approaches to Education: The Epistemology of Imam Al-Ghazali.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (March 1, 2021): 91–107. https://doi.org/10.31538/NZH.V4I1.834.

Jalaludin. Filsafat Pendidikan Islam: Konsep Dan Perkembangan, 1996.

Kurniawan, Syamsul. “Pendidikan Menurut Al-Ghazali.” At-Turats 3, no. 1 (December 14, 2016). https://doi.org/10.24260/AT-TURATS.V3I1.253.

Lestari, Ayu, Aliyah Putri, Ardiansyah Rambe, and Elda Arzetin Elsil. “El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa.” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 2, no. Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa (2024). https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i2.999.

Musfioh, Imroh Atul. “Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali.” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 2, no. 1 (June 1, 2014): 14–14. https://doi.org/10.21093/SY.V2I1.493.

Pemikiran Al-Ghazali dan Al-Zarnuji St Noer Farida Laila, Telaah, Kata Kunci, and Pemikiran Al-Ghazali. “DIKOTOMI KEILMUAN DALAM ISLAM ABAD PERTENGAHAN (Telaah Pemikiran Al-Ghazali Dan Al-Zarnuji).” Jurnal Dinamika Penelitian 16, no. 2 (December 11, 2016): 383–99. https://doi.org/10.21274/DINAMIKA.2016.16.2.383-399.

prof. Dr. H. Ramayulis. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam, 2005.

Salem, Muhammad. Risalah Ayyuhal Walad. Bairut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah., 2014.

Sugiyono;, Prof.DR. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D,” 2013.

Wardanik, Yuliana, Devy Habibi Muhammd, and Ari Susandi. “Konsep Pendidikan Karakter Presfektif Al-Ghazali Dan Abdullah Nashin Ulwan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5, no. 2 (October 2, 2021): 480–87. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V5I2.2132.