Metode Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Pemahaman Teks Bacaan Bahasa Inggris

Tujuan penelitian ini adalah dalam rangka mendiskripsikan difrensiasi kemampuan
pebelajar dalam reading comprehension pelajaran Bahasa Inggris yang diajar dengan dua
metode berbeda. Peneliti menggunakan rancangan penelitian nonequivalent control group
design. Peneliti melibatkan 115 pebelajar Madrasah Tsanawiyah kelas VIII putri sebagai
subjek penelitian. Subjek penelitian tersebut dikelompokkan ke dalam dua group yaitu
group eksperimen dan group kontrol. Jenis research data analysis yang digunakan adalah
Independent Sample Test. Temuan penelitian yang didapatkan adalah (1) Tidak ada
perbedaan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan sebelum diajar menggunakan
metode CIRC versus siswa yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan
dengan perolehan nilai pada hasil ujian pra-test pada group CIRC sebesar 61.9153 dan nilai
hasil ujian pra-test pada group konvensional sebesar 61.4444 pada taraf signifikansi 0.329
lebih besar daripada 0.05. (2) Ada perbedaan kemampuan siswa dalam memahami teks
bacaan sesudah diajar dengan menggunakan metode CIRC versus metode konvensional.
Pengambilan keputusan didasarkan pada perolehan nilai hasil ujian pos-tes pada kelompok
CIRC sebesar 79.1864 dan nilai rata-rata pada hasil pos-tes pada group konvensional
dengan nilai 60.2143 dengan taraf signifikansi sebesar 0.009 lebih kecil daripada 0.05.
Kesimpulannya, temuan riset ini bisa diungkapkan bahwa metode CIRC mampu
meningkatkan keterampilan reading comprehension pelajaran Bahasa Inggris siswa secara
lebih efektif daripada metode konvensional.

Cara Mengutip
Azhar, I. (2025). Metode Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Keterampilan Pemahaman Teks Bacaan Bahasa Inggris. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 97-104. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i2.3099

Imam Azhar

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan, Indonesia

Acicgos, KU. Cooperative Learning; Theory, Research and Practice. Malatya: Ugurel Publications, 2022.

Al Odwan, T.H. The Effect of the Directed Reading Thinking Activity through Cooperative Learning on English Secondary Stage Students’ Reading Comprehension in Jordan. International Journal of Humanities and Social Science, 2 (February 2012), 139-151.

Ali, M.F. 2001. The Effect of Using the Jigsaw Reading Technique on the EFL Pre-service Teachers’ Reading Anxiety and Comprehension. Journal of Education College, 3, 1-19.

Burden PR. And Byrd DM. Methods for Effective Teaching. Second Edition. Boston, London: Allyn and Bacon, 1999.

Degeng, I.N.S. Bahan Ajar Metodologi Penelitian. Bahan Ajar tidak diterbitkan. Malang: 2010

Degeng, I.N.S. Strategi Pembelajaran; Organisasi isi dengan model elaborasi. Malang: IKIP kerjasama dengan BPIPTPI, 2011.

Durukan, E. Effects of CIRC Tehnique on Reading-Writing Skill. Educational Research and Reviews, 6 (January, 2011), 101-110. http://DOI: 10.4236/ce.2014.517178.

E.Coelho. Cooperative Learning; Foundation for a Communicative Curriculum Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, 1993.

F.Frazee, BM. And Rudnnitski, RA. Integrated Teaching Methods; Theroy, Classroom Applications and Filed-Based Connections. USA: Delmar Publisher, 1995.

Gall, MD and Borg, WR. Educational Research; an Introduction. 7Th edition. Boston: PEarson Education, Inc. 2003.

Jalilifar, A. The Effect of Cooperative Learning Techniques on College Students’ Reading Comprehension. Science Direct System, 38, (2009), 96–108. https://doi.org/10.1016/j.system.2009.12.009.

Johnson, DW. And Johnson, H. Learning together ans Alone; Cooperation, Competition and Individualization, 3th Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc, 1991.

Long, M. H. Naturational Constraints on Language Development. Studies in Second Language Acquisition, 12, (2019), 251-285.

Raj, K. Cooperative Instructional Strategies and Performance Levels of Students in Reading Comprehension. International Journal of Education and Science, 3 (Februari, 2012), 103-107. https://doi.org/10.31901/24566322/03.02.05.

Slavin Roberts E and Stevens RJ. The Effect of CIRC on Academically Handicapped and nonHandiccaped Students Achievement, Attitudes, and Meta-Cognition in Reading and Writing. Elementary School Journal, 8 (April, 2015) 24-29.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning; Theory, REsearch, and PRactice London: Allyn and Bacon, 2005.

Zuo, W. The Effect of Cooperative Learning on Improving College Students Reading Comprehension. Theory and Practice in Language Studies, 1 (August 2021), 986-989. http://DOI:10.4304/tpls.1.8.986-989