Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sma Hidayatus Salam Lowayu Dukun Gresik
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan upaya guru PAI dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di SMA Hidayatus Salam Lowayu Dukun Gresik. (2)
Mendeskripsikan kendala yang dialami guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar
siswa di SMA Hidayatus Salam Lowayu Dukun Gresik. (3). Mendeskripsikan solusi yang
dilakukan guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Hidayatus Salam
Lowayu Dukun Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai
pendekatan sebagai pendekatan dan studi kasus sebagai desain penelitian. Pengumpulan
data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan langkah-langkah reduksi, display dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk upaya guru PAI dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Hidayatus Salam Lowayu Dukun Gresik
antara lain: pemberian nilai hasil belajar siswa, pemberian pujian dan hadiah, pemberian
tes dan penugasan, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar,
menggunakan media pembelajaran dan memberikan hukuman. (2) Kendala yang dihadapi
guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Hidayatus Salam Lowayu
Dukun Gresik adalah sebagai berikut: ketika guru menggunakan metode pembelajaran
untuk meningkatkan motivasi belajar, beberapa siswa agak lamban dalam proses
pembelajaran. Sedangkan ketika guru menggunakan media pembelajaran untuk
meningkatkan motivasi belajar, siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda, siswa
yang kurang paham akan kesulitan untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru. Dan
kendala yang dihadapi oleh guru itu sendiri adalah penggunaan metode dan media
pembelajaran dalam materi yang diajarkan. Sedangkan (3) solusi yang dilakukan guru PAI
dalam mengatasi hambatan atau permasalahan tersebut adalah dengan memberikan
kesempatan kepada anak untuk berkonsultasi dengan guru mengenai kendala yang
dialaminya, menggunakan berbagai metode pembelajaran dan media pembelajaran,
memelihara minat, kemauan dan semangat belajar. belajar pada siswa, menciptakan
lingkungan belajar yang menarik, memberikan perjanjian atau kontrak belajar,
memberikan hukuman yang membangun siswa
A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo
Persada.
Arianti. 2018. Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Didaktika Jurnal
Kependidikan, Volume 12, No 2.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Asep. 2008. “ Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Pembelajaran Matematika dengan
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Anggota Madrasah Learning Centre Kecamatan
Parung dan Ciseeng”. Jakarta: Skripsi UIN Syarif Hidayatullah.
Azhar, Imam. Dkk. 2022. Panduan Penulisan Skripsi IAI TABAH. Jawa Timur: IAI TABAH
Press.
Darajad, Zakiah. Dkk. 2000. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajad, Zakiah. Dkk. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Darajad, Zakiah. Dkk. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Fadillah, Ivan. 2020. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dlam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Bolo. UIN Mataram.
Hully, Mukhtar Hully. 2012. Profesi Keguruan. Mataram: Alam Tara Institute Mataram.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kurniasari, Laila. 2015. Strategi Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Sejarah Kebudayaan
Islam di MTsN Bandung Kabupaten Tulungagung. IAIN Tulungagung.
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Muhammad Al Fajri,Muhammad. 2019. Upaya Guru Dalam Meningkatakan Motivasi Belajar
Siswa pada Mata Pelajaran PAI Di SMPN 7 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Darussalam
Banda Aceh.
Nashih Ulwan, Abdullah. 2013. Tarbiayatul Aulad. Jakarta: Khatulistiwa Press.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.
UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.