Pendidikan Islam Multikultural diSekolah
Tulisan ini mengakaji masalah pendidikan Islam multikultural di sekolah umum
dengan mengedepankan nilai-nilai agama, budaya dan sosial di sekolah, peserta didik
dapat memiliki pemahaman agama, keberagaman dan perbedaan dalam hidup. Pentingnya
pendidikan Islam multikultural diajarkan di sekolah umum, terlebih diera globalisasi yang
ditandai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberikan dampak positif
dalam kehidupan. Namun disi lain kemajuan tersebut memberikan dampak negatif dalam
kehidupan peserta didik.. Terjadinya sikap exklusif dan minimnya pemahaman tentang
perbedaan, keberagaman, toleransi dan moderasi beragama termasuk pemahaman nilainilai agama dalam kehidupan peserta didik, menyebabkan terjadinya nilai-nilai
multikultural di sekolah menjadi luntur dan hilang. Adapapun metodologi yang digunakan
yaitu melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi serta ditunjang oleh berbagai
referensi relevan sehingga memiliki nilai keilmiahan dalam penelitian. Tulisan ini mencoba
memberikan tawaran atau solusi “bagaimana pendidikan islam multikultural
diajarkan di sekolah sehingga membentuk pola pemahaman keagamaan yang inklusif
(terbuka), toleran pada peserta didik. Pendidikan Islam multikultural diajarkan di sekolah
umum menekankan pada adanya pengakuan dan penghormatan atas perbedaanperbedaan yang memang tidak bisa dielakkan umat beragama manapun dan memperbaiki
dari penekanan yang kuat pada ranah kognitif ke ranah afektif dan ranah psikomotorik
serta peningkatan kualitas guru baik dari sudut pemahamannya atas agamanya sendiri
maupun agama lain, sehingga mereka sendiri memiliki perspektif multiculturalisme yang
tepat. Oleh karena itu. pendidikan Islam multikultural diajarkan di sekolah umum
khususnya di SMA Negeri 2 Mataram.
A. Suradi, Penanaman Religiusitas Keislaman Berorientasi pada Pendidikan Multikultural
di Sekolah, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, 2018.
Abdul Kadir, ddk, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam, Jurnal Edu Riligia Vol. 3, 2019.
Abdul Majid, Pendidikan Agama Islam (KBK 2004), Bandung : Remaja Rosda Karya, 2004
Abu Ahmadi dkk., Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003
Adri Lundeto, Menakar Akar-akar Multikulturalisme Pendidikan di Indonesia, Jurnal
Pendidikan Islam Iqra’, Vol. 11T, Tahun 2017.
Ahmad Tafsir, Imu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya,1992.
Arifin, Ilmu Pendidikan Islam-Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan
Pendekatan
Interdisipliner, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
Asmuri, Pendidikan Multikultural (Telaah Terhadap Sistem Pendidikan Nasional dan
Pendidikan Agama Islam, Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, Juni 2016. Darajat,
Zakiah dkk, Ilmu Pendidikan Islam (IPI), Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000.
Halimatus Sa’diah, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islsm Multikultural, Surabaya: Jakad
Media Publishing, 2020. HR. Ahmad.
Hully, Konsep Al-Qur’an dan al-Hadits Tentang Pendidikan Islam Dalam Membentuk
Masyarakat Madani, Makalah, Disampaikan pada Diskusi Mata Kuliah Studi AlQur’an dan Hadits, Tanggal 8 Oktober 2020.
Ismail, Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Umum, Jurnal, Forum
Tarbiyah Vol. 7, Juni 2009.
Khoirul Huda, Problematika Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam, Jurnal
Dinamika Penelitian, Vol. 16, November 2016.
Lasijan, Multikulturalisme Dalam Pendidikan Islam, Jurnal TAPIs Vol.10, 2014. Mahasiswa,
Program Doktor Pascasarjana UIN Mataram, Semester I Tahun 2020.
Nur Ainiyah, Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum
Volume. 13, Juni 2013. QS. AL-Hujarat Ayat 13.
Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.
Sauqi Futaqi, Kapital Multikultural Pesantren, Yogyakarta: Deepublish-CV Budi Utama
2019.
Zakiyuddin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: airlangga,
2005.