Keunggulan Manajemen Pendidikan Perspektif Rushdi Ahmad Tuaimah

Keunggulan manajemen penidikan adalah salah satu alasan terpenting untuk tetap bertahan
di masa ini. Konsep keunggulan manajemen pendidikan menurut Rhusdi Ahmad Tuaimah
berpusat pada sebuah tujuan, prinsip dan juga strategi yang bertujuan untuk meningkatkan
administrasi pendidikan dan proses pendidikan baik di tingkat nasional maupun
internasional. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara perspektif Rusdhi
Ahmad Tuaimah dengan para tokoh. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan
kualitatif dengan jenis studi pustaka (library research), sumber data yang digunakan
merupakan data sekunder serta teknik analisis data merupakan analisis konten. Dengan
demikian keunggulan manajemen pendidikan baik dalam administrasi maupun proses
pembelajaran sehingga mencapai tujuan proses dan strategi yang terdapat dalam lembaga
pendidikan.

Cara Mengutip
Inayati, M., & Fadholi, A. N. . (2025). Keunggulan Manajemen Pendidikan Perspektif Rushdi Ahmad Tuaimah. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 51-60. https://doi.org/10.58518/darajat.v6i1.1762

Mahfida Inayati

Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan, Indonesia

Ali Nizar Fadholi

Institut Agama Islam Negeri Madura, Pamekasan, Indonesia

Angraini, Yunita. “Prinsip-prinsip Pendidikan Berkualitas (Perspektif Throndike, Nilson, dan

Syaiful Bahri Djaramah).” Institut Agama Islam Negeri Madura (2021).

Arafat, Gusti Yasser. “Membongkar Isi Pesan dan Media dengan Content Analysis.” Jurnal

Alhadharah, vol.17, No. 33 (Juni 2018).

Farikhah, Siti. Manajemen lembaga pendidikan. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2015.

Hidayat, yayat. “pendidikan dalam perspektif ibnu khaldun.” Program studi manajemen

pendidikan islam stitnu al-farabi pangandaran (t.t.).

Irianto, Yoyon Bahtiar. “Strategi Manajemen Pendidikan Karakter (Membangun Peradaban

Berbasis Ahlaqul Kharimah).” Adpend-FIP-Universitas Pendidikan Indonesia

(November 2010).

Muhaimin dan Abdul Majid. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: PT. Trigenda Karya,

1993.

Naim, Zaedun. Metode Penelitian Kepustakaan. Bandung: Media Sains Indonesia, 2022.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat

Bahasa, 2008.

Ramayulis, dan Samsul Nizar. Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT Ciputat Press

Group, 2005.

Rohman, Miftaku. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibn Sina Dan Relevansinya Dengan

Pendidikan Modern.” Epistemé, vol.8, No. 2 (Desember 2013).

Rusn, Abidin Ibnu. Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

1998.

Setiyawan, Agung. “Konsep Pendidikan Menurut Alghazali Dan Al-Farabi (Studi Komparasi

Pemikiran).” Tarbawiyah, vol.13, No.1, (Juni 2016).

Syaban, Marwan. “KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.” Al-wardah: Jurnal

Kajian Perempuan, Gender dan Agama, vol.12 Nomor: 2 (t.t.).

Tuaimah, Rhusdi Ahmad. Al-Judah Al- Syamilah Fi Al-Ta’lim. Yordania: Dar Al Masirah, 2006.