Metode Pengajaran  dalam Al-Qur’an (Analisis QS. Al-‘An’am ayat 72 QS. al-Ra'd ayat 2)

Metode pengajaran dalam Al-Qur'an mencerminkan prinsip-prinsip pendidikan yang
mendalam dan holistik, yang tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga
pada pembentukan karakter, spiritualitas, dan moralitas. Dalam Al-Qur'an, pengajaran
dilakukan melalui berbagai pendekatan, termasuk penggunaan perumpamaan (mathal),
kisah-kisah (qishash), dan dialog langsung antara Allah dengan umat-Nya, yang bertujuan
untuk menyampaikan pesan-pesan ilahi secara efektif. Metode ini menekankan pentingnya
refleksi, pemahaman mendalam, serta penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, Al-Qur'an juga mengajarkan metode bertanya, berbicara, dan mendengarkan
dengan penuh perhatian sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dengan demikian,
metode pengajaran dalam Al-Qur'an tidak hanya berorientasi pada pengetahuan
intelektual, tetapi juga pada pengembangan spiritual dan moral individu, yang sesuai
dengan tuntutan zaman dan kebutuhan umat manusia dalam mencari kebenaran dan
petunjuk hidup. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
menerapkan metode tafsir Muqaran (komparatif)1 yang merupakan pendekatan
penafsiran yang bersifat perbandingan dengan menggunakan penafsiran ayat-ayat alQur’an yang ditulis oleh para mufassir untuk memperoleh pemahaman yang
komprehensif tentang tafsir tentang metode pengajaran dalam al-Qur’an. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang metode pengajaran yang ada dalam alQur’an, khususnya dalam surat al-An’am ayat 72 dan surat al-Ra’d ayat 2. Surat Al-An'am
ayat 72 mengandung berbagai metode pengajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Ayat ini menekankan pada pendidikan spiritual dengan mengajarkan dasardasar ibadah (shalat) dan moralitas (takwa) yang menjadi fondasi kehidupan seorang
Muslim. Metode pengajaran ini juga mengajarkan pentingnya perintah langsung yang
mendorong perubahan perilaku, kesadaran akan tujuan akhir (akhirat), serta keterkaitan
antara amal dan hasil akhir yang hendaknya selalu diingat oleh umat. Pengajaran dalam
ayat ini bersifat praktis, menuntut umat untuk melaksanakan ajaran dengan penuh
kesadaran dan niat yang tulus.
Surat Ar-Ra'd ayat 2 menggambarkan metode pengajaran yang sangat mendalam, yang
melibatkan pengajaran melalui fenomena alam, penjelasan yang logis dan jelas perenungan dan pemahaman yang mendalam, serta kesadaran akan tujuan akhir
kehidupan. Metode pengajaran ini mengajarkan umat untuk mengamati alam semesta dan
merenungkan kebesaran Allah melalui fenomena alam, serta menghubungkan kehidupan
dunia dengan kehidupan akhirat. Pengajaran dalam ayat ini bertujuan untuk memperkuat
iman dan keyakinan umat akan adanya pertemuan dengan Allah di akhirat dan
bertanggung jawab atas setiap amal perbuatan

Cara Mengutip
Alfiyah, A. . (2025). Metode Pengajaran  dalam Al-Qur’an (Analisis QS. Al-‘An’am ayat 72 QS. al-Ra’d ayat 2). Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 185-192. https://doi.org/10.58518/darajat.v7i2.3014

Avif Alfiyah

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah, Lamongan, Indonesia

Alfiyah, Avif dkk. Sasaran Pendidikan dalam al-Qur’an. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 5 No. 2 Desember (2022). p-ISSN: 2620-9985, e-ISSN: 2656-5595. DOI: https://doi.org/10.58518/darajat.v5i2.1414

Alfiyah, Avif dan Shofiqotun Azizah. Konsep Bahan Ajar dalam Al-Qur'an: Kajian Kitab Tafsir Al-Misbah dan Tafsir Ibnu Katsir dalam Pendidikan Islam. Al furqan: Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Tafsir Vol. 7 No. 2 Desember (2024). p-ISSN: 2621-5438, e-ISSN: 2656-6877. DOI: https://doi.org/10.58518/3zb17t16

As’ad, Metode Mengajar dalam al-Qur’an Kajian Surat al-Nahl Ayat 125. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 8, No. 1, Edisi Januari - Juni (2018). p-ISSN: 2088-8341. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v8i1.6717

Fadila, Nurul dan Alwizar. Metode Pengajaran dalam al-Qur’an. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Vol. 5 Issue 2 (2024). p-ISSN: 2722-8991. e-ISSN: 2722-8983. DOI: https://doi.org/10.37985/hq.v5i2.154

Fatoni, A. Tafsir Tarbawi: Menyingkap Tabir Ayat-Ayat Pendidikan. (Praya: Forum Pemuda Aswaja. 2020).

Halik, Abdul. Metode Pembelajaran: Prespektif Pendidikan Islam, Jurnal al-‘Ibrah, Vol.1, No.1, Maret, (2012). p-ISSN: 2088-1886. e-ISSN: 2580-0663. DOI: https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i2

Harun, Salman. Tafsir Tarbawi: Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an. (Tangerang: Lentera Hati. 2019).

Izzan, Ahmad. Metodologi Ilmu Tafsir, (Bandung: Tafakur, tt).

Jumarnis, Meizy dkk. Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Multidisiplin Indonesia. Vol. 02 No. 06. (2023) e-ISSN 2963-2900. p-ISSN 2964-9048. DOI:

https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.271

Nasaruddin dan Fathani Mubarak. Metode Pengajaran dalam Perspektif al-Qur’an (Tinjauan QS. an-Nahl Ayat 125). Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan. Vol. 6, No. 2, Oktober (2022). p-ISSN: 2549-8983. e-ISSN: 2614-6630. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.52266/

Nasution, Bayanuddin dan Nur Aisyah Dzulkifli, Metode Pembelajaran dan Teknik Mengajar dalam Pendidikan Agama Islam oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 40 Pekanbaru, Jurnal khazanah Pendidikan, Vol.17, No.1, Maret, (2023). p-ISSN: 2807-1379. e-ISSN: 1979-6668. DOI: https://doi.org./10.30595/jkp.v17i1.16027

Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010).

Nur’aini. Metode Pengajaran Agama Islam. (Bandung: Widina Bhakti Persada. 2021).

Nur, Amiruddin Z. Efektivitas Penggunaan Metode Pengajaran Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Al-Ibrah, Vol.4, No.1, Maret, (2017). e-ISSN: 2580-0663. DOI: https://doi.org/10.61815/alibrah.v9i2

Qowim, Agus Nur. Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 03 No. 01 (2020), 35-58. p-ISSN: 2338-4131. e-ISSN: 2715-4793. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.53

Ramayulis. Metode Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Kalam Mulia, 2005).

Rifa’i (al), Muhammad Nasib. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. (Jakarta: Gema Insani, 2010).

Ritonga, Asnil Aidah. Metode Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an. (Medan: CV Pusdikra Mitra Jaya. 2021).

Subir, Muh. Syuhada. Metode Pendidikan Perspektif Al-Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan Karakter. Managerial: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 01 No. 02. (2023). ISSN: 3031-0687.

Sulaiman. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Aceh: Yayasan PeNA. 2017).

Sumpeno, A. Kewajiban Belajar dan Mengajar. (Jakarta: Kultum Media. 2015).

Syaikh (al) Abdullah Bin Muhammad Bin Abdurahman Bin Ishaq. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 5d,” (tp: Pustaka Imam Syafi’i (2003).

Wahidi, Ridhoul. Tafsir Ayat-Ayat Tarbawi. (Yogyakarta: Trussmedia Grafika. 2016).

Yusuf, Kadar M. Tafsir Tarbawi: Pesan-Pesan al-Qur’an Tentang Pendidikan. (Jakarta: Amzah. 2019).