Tren Lembaga Pendidikan Islam Ekslusif-Elit Menjawab Tantangan Era Modern
Lembaga pendidikan Islam eksklusif-elit adalah institusi pendidikan yang memenuhi persyaratan khusus dan terbatas pada wilayah tertentu. Lebih sering daripada tidak, lembaga-lembaga ini memiliki standar akademik yang tinggi. Mereka menawarkan pelatihan agama Islam yang mendalam dan kurikulum akademik yang komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tren lembaga pendidikan Islam eksklusif-elite dalam menghadapi tantangan di era kontemporer. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehadiran institusi pendidikan Islam eksklusif-elit telah membawa warna baru ke perkembangan pendidikan di Indonesia. Lembaga pendidikan Islam eksklusif-elit bertujuan untuk memadukan pendidikan agama yang menjadi ciri khas pesantren dengan pendidikan modern yang menjadi ciri khas sekolah umum. Karena fasilitasnya yang memadai, biaya sekolah menjadi semakin mahal, dan sebagian besar dari mereka hanya dapat diakses oleh kalangan menengah Muslim
Adelia, Ismi, and Oki Mitra. “Permasalahan Pendidikan Islam Di Lembaga Pendidikan Madrasah.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21, no. 01 (2021): 32–45. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.832.
Bafadhol, Ibrahim. “Lembaga Pendidikan Islam Di Indoesia.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 11 (2017): hlm 60.
Basyit, Abdul. “Madrasah Dan Sekolah Islam Elit Di Indonesia.” Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan 15, no. 1 (2019): 27–39. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1366.
Fauzi Lubis, Adlan. “Tinjauan Kebijakan Tentang Sekolah Elit (Sekolah Islam Unggulan).” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 11, no. 2 (2019): 223–46. https://doi.org/10.30596/intiqad.v11i2.3569.
Huda, Mualimul. “Eksistensi Pesantren Dan Deradikalisasi Pendidikan Islam Di Indonesia (Menyemai Spirit Toleransi Dan Pendidikan Islam Multikultural).” FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan 3, no. 1 (2018): 87. https://doi.org/10.29240/jf.v3i1.458.
Los, Unidad Metodología D E Conocimiento D E. Ilmu Pendidikan Islam: Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Edited by Candra Wijaya. 1st ed. Medan: LPPPI, 2016.
Maemunah, Maemunah. “Kebijakan Tentang Sekolah Elit Islam.” Journal ISTIGHNA 1, no. 2 (2018): 86–114. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.5.
Manado, Iain, Mardan Umar, and Feiby Ismail. “Jurnal Pendidikan Islam Iqra ’ Vol. 11 Nomor 2 Tahun 2017 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado” 11 (2017).
Maryati, Sri, Lestarika, Abdullah Idi, and Yulia Tri Samiha. “Madrasah as an Institution of Islamic Education and Social Change.” Jurnal Konseling Pendidikan Islam 4 (2023). https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.11.
Miles, Matthew B. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edited by Helen Salmon. 3rd ed. America: Sage publications, 2014.
Rahman, Danial, and Abu Rizal Akbar. “Problematika Yang Dihadapi Lembaga Pendidikan Islam Sebagai Tantangan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Nazzama: Journal of Management Education 1, no. 1 (2021): 76. https://doi.org/10.24252/jme.v1i1.25242.
Sartika, Didi. “Manajemen Pendidikan Tinggi Islam.” Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 1, no. 2 (2020): 177–94.
Suyatno, Suyatno. “Sekolah Islam Terpadu; Filsafat, Ideologi, Dan Tren Baru Pendidikan Islam Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (1970): 355. https://doi.org/10.14421/jpi.2013.22.355-377.
Yusup, Muhammad. “Eksklusivisme Beragama Jaringan Sekolah Islam Terpadu (Jsit) Yogyakarta.” Religi Jurnal Studi Agama-Agama 13, no. 01 (2018): 75. https://doi.org/10.14421/rejusta.2017.1301-05.