Tembang Sunan Bonang Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis tembang yang dikaitkan dengan Sunan Bonang, menganalisis makna serta nilai-nilai Islam yang terkandung di dalamnya, mengeksplorasi pesan moral dan spiritual yang disampaikan, serta mengkaji metode penyampaian ajaran Islam melalui tembang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan analisis teks. Data diperoleh dari berbagai sumber literatur, manuskrip kuno, serta kajian terdahulu mengenai tembang Sunan Bonang. Teknik analisis data melibatkan interpretasi lirik tembang, pemetaan nilai-nilai Islam yang terkandung, serta evaluasi efektivitasnya dalam konteks pembelajaran Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembang Sunan Bonang mengandung ajaran tauhid, akhlak mulia, serta nilai-nilai spiritual yang mendalam. Pesan moral dalam tembang ini meliputi ajakan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah, hidup dengan kesederhanaan, serta menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kejujuran. Metode penyampaian ajaran Islam melalui tembang dilakukan dengan pendekatan yang lembut dan estetis, sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat pada masanya. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa tembang Sunan Bonang memiliki nilai edukatif yang tinggi dan dapat menjadi media pembelajaran yang relevan dalam pendidikan Islam modern. Integrasi nilai budaya dan seni dalam metode dakwah Islam terbukti.
Alfadhilah, Jauharotina, Pascasarjana Universitas, Islam Negeri, and Sunan Ampel, ‘Pendahuluan Louis O . Kattsoff Dalam Elements of Philosophy Menjelaskan Tuhan Adalah Pencipta , Yang Tiada Berakhir , Yang Abadi , Yang Maha Kuasa , Yang Maha Mengetahui , Dan Yang Maha Ada . 1 Sementara Karen Amstrong Menyatakan Bahwa Tuhan Dalam Agama I’, 4 (2018), pp. 201–24
Anto, Puji, and Tri Anita, ‘Tembang Macapat Sebagai Penunjang Pendidikan Karakter’, Deiksis, 11.01 (2019), p. 77, doi:10.30998/deiksis.v11i01.3221
Budiman, Teguh Fajar, ‘Konsep Ajaran Sunan Kalijaga (Raden Syahid) Walisanga Dalam Menyebarkan Agama Islam Melalui Kesenian’, Tsaqofah Dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan Dan Sejarah Islam, 5.2 (2021), p. 61, doi:10.29300/ttjksi.v5i2.3699
Febriyanti, Amelia, and Lutfiah Ayundasari, ‘Strategi Sunan Bonang Melalui Media Seni Dalam Penyebaran Dakwah Islam’, Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1.6 (2021), pp. 688–94, doi:10.17977/um063v1i6p688-694
Hasanah, Uswatun, ‘Pesan Dakwah Dalam Tradisi Macopat Di Dusun Moralas Desa Karduluk Kecamatan Pragaan’, Reflektika, 15.1 (2020), p. 83, doi:10.28944/reflektika.v14i1.493
Khafidoh, Ervin Naimatul, ‘Studi Komparatif Pendidikan Islam Dalam Tembang Lir- Ilir Karya Sunan Kalijaga Dan Tembang Tombo Ati Karya Sunan Bonang’, Skripsi, 2021, pp. 15–18 <http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/14697>
Laily Khumaidiyah, ‘Pemikiran Pendidikan Islam Sunan Giri Dan Sunan Bonang; Analisis Deskriptif Dan Teks Wacana’, An-Nafah Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 1.2 (2021), pp. 62–69
Marsaid, ‘Islam Dan Kebudayaan: Wayang Sebagai Media Pendidikan Islam Di Nusantara’, Kontemplasi, 4.1 (2016), pp. 101–30 <https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/kon/article/view/132>
Muhammad Muhajir, ‘Metode Pendidikan Akhlak-Tasawuf Walisongo’, Alwatzikhoebillah (Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Dan Humaniora), 4.1 (2018), pp. 79–97
Prianto, Agung Teguh, ‘Dakwah Melalui Syi’ir: Alternatif Metode Dakwah Pada Masyarakat Urban’, INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 5.2 (2023), pp. 399–418, doi:10.55372/inteleksiajpid.v5i2.283
Santoso, Teguh, ‘Pribumisasi Ajaran Islam Dalam Suluk Wujil Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Agama Islam’, Skrispi Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan Islam, 2015
Zalikha, and Dadan Rusmana, ‘Spiritualitas Islam Dalam Suluk Wujil Karya Sunan Bonang Berdasarkan Kajian Semiotik’, Haluan Sastra Budaya, 7.2 (2023), pp. 211–30