Transformasi Pendidikan Melalui Teater Sebagai Media Komunikasi di Sekolah
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi pendidikan melalui teater sebagai media komunikasi di sekolah. Teater, sebagai bentuk seni pertunjukan, memiliki potensi yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan empati siswa. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi dan wawancara mendalam dengan pengajar dan siswa di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Taman Kanak-Kanak (TK) hingga perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan teater tidak hanya berfungsi sebagai alat ekspresi diri tetapi juga menciptakan ruang belajar yang interaktif dan mendukung perkembangan sosial emosional siswa. Selain itu, teater membantu siswa memahami berbagai perspektif dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teater dalam kurikulum pendidikan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap proses pembelajaran dan pengembangan karakter siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pengelola sekolah untuk mengadopsi metode pembelajaran berbasis teater sebagai cara inovatif dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menyenangkan.
Yudiatmaja, E. (2020). Inovasi Pembelajaran Berbasis Seni di Era Digital. Jakarta: Gramedia.
Pratama, R., & Lestari, D. (2019). "Pengaruh Teater dalam Pengembangan Kompetensi Siswa di Sekolah". *Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan*, 24(3), 112-121.
Nasution, A. (2018). *Komunikasi Pendidikan: Teori dan Praktik*. Yogyakarta: Deepublish.
Sumardjo, Yakob (1992). Perkembangan Teater Modern dan Sastra Drama Indonesia, cetakan 1, Bandung: Citra Aditya Bakti.
Jaeni. (2017). “Nilai-Nilai Pengetahuan Lokal Pembentuk Karakter Bangsa Dalam Sandiwara Cirebon, Jawa Barat”. Jurnal seni Budaya MUDRA. LP2M ISI Denpasar Bali. Volume. 32, No. 1 hal. 332
Mulyana, Deddy (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Rosdakarya.
Jaeni. (2016). Komunikasi Seni: Konstruksi Sosial Budaya Melalui Teater Modern Indonesia, Bandung: Sunan Ambu Pres.
Woodson, Stephani Etheridge. (2015).Theatre for Youth Third Space Performance, Democracy, and Community Cultural Development, UK / Chicago, USA: intellect Bristol
Wooster,Roger. (2007). Contemporary Theatre in Education, Chicago USA: Intellect Bristol.
Landy, Robert J. (1982). Handbook of educational drama and theatre, Westport, Connecticut, London, England: Greenwood Press