Pesan dakwah dalam buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah karya Alfi Alghazi
Buku menjadi media dakwah yang relevan sampai kapanpun. Praktisi dakwah tidak hanya mengandalkan media digital dalam menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam, tetapi juga menggunakan buku bacaan untuk memberikan kemudahan dan keleluasan dalam berekspresi. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pesan dakwah dengan dua pokok yang terdapat dalam buku bacaan yaitu pesan aqidah yaitu segala yang berkaitan dengan keimanan dan pesan syariah merupakan pesan yang mencangkup peribadahan dalam buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerahkarya Alfi Alghazi. Data yang digunakan mencakup materi yang terdapat dalam buku tersebut, serta data tambahan dari berbagai sumber, seperti arsip, artikel, dan situs web. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: induktif, deduktif, dan kombinasi keduanya, dengan menggunakan metode analisis konten yang umum digunakan untuk mengidentifikasi pesan dakwah tanpa melibatkan subjek penelitian manusia. Penelitian ini menemukan pesan aqidah dalam buku ini terdapat pada 11 halaman dari 17 halaman dengan sub kategori; Iman kepada Allah sebanyak 6 kalimat, Iman kepada hari akhir 4 kalimat dan iman kepada Qada dan Qadar berjumlah 1 kalimat. Sedangkan kategori pesan syariah, terdapat pada 6 halaman dengan sub kategori; Muamalah sebanyak 2 kalimat dan ibadah 4 kalimat. Oleh karena itu diharpakan kepada penulis buku bacaan untuk menjelaskan makna dari pesan dakwah yang terkandung dalam buku bacaan secara lebih detail.
Agustin, L. N. (2020). ANALISIS ISI PESAN DAKWAH DALAM BUKU TUHAN, MAAF KAMI SEDANG SIBUK. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 2(1). https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/2347
Alghazi, A. (2021). Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah. Penerbit Sahima.
Amin, S. M. (2013). Ilmu Dakwah. Amzah.
Asyura, K. (2021). Pesan Dakwah Qaulan Maysura pada Seksi Jamaah ( Studi Analisis di Dayah Putri Muslimat). Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah Dalam Mata Tinta, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.54621/jn.v8i1.123
Coners, A., & Matthies, B. (2014). A CONTENT ANALYSIS OF CONTENT ANALYSES IN IS RESEARCH: PURPOSES, DATA SOURCES, AND METHODOLOGICAL CHARACTERISTICS. https://aisel.aisnet.org/pacis2014/111
Darmawan, R. A., & Nasir, M. A. (2023). Analisis Deskriptif Pesan Dakwah dalam Buku “Goodbye Things Hidup Minimalis Ala Orang Jepang.” Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam, 1–6. https://doi.org/10.29313/jrkpi.vi.1801
Darmawansah, D. (2023). ANALISIS WACANA PESAN DAKWAH DALAM BUKU MUHAMMAD AL-FATIH 1453 KARYA FELIX Y. SIAUW. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/an-nida.v15i1.4805
Devi, A., Hidayah, U. D., Barudin, M. A., & Parwati, D. (2021). ANALISIS ISI PESAN DAKWAH HABIB SYECH BIN ABDUL QODIR ASSEGAF MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 5(1), 141–164. https://doi.org/10.22515/academica.v5i1.4122
Drisko, J. W., & Maschi, T. (2016). Content analysis. Oxford University Press.
Jafar, I., & Amrullah, M. N. (2018). Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah dalam Kajian Al-Qur’an. Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.15642/jki.2018.8.1.41-66
Jannah, M. Z., & Nursaid. (n.d.). Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Teks Novel.
Krippendorff, K. (2013). Content Analysis. An Introduction to its Methodology (3rd ed.). SAGE Publications.
Lusiana, L., Kusnadi, K., & Yahya, A. H. (2023). Analisis Pesan Dakwah dalam Film Surga Yang Tak Dirindukan 3 (Analisis Semiotika Roland Barthes). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), Article 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.14544
Mantono, N. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Analisis Isi, Analisis Data Sekunder. Raja Grafindo.
Mayring, P. (2015). Qualitative Content Analysis: Theoretical Background and Procedures. In A. Bikner-Ahsbahs, C. Knipping, & N. Presmeg (Eds.), Approaches to Qualitative Research in Mathematics Education: Examples of Methodology and Methods (pp. 365–380). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9181-6_13
Nur Dina Kholida & Yohandi. (2022). Pesan Dakwah dalam Antologi Puisi Buku Jalan Ini Rindu Karya W.A.A Ibrahimy. Maddah : Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 4(1), 28–38. https://doi.org/10.35316/maddah.v4i1.1734
Prastiyo, R. E., & Hidayah, L. (2020). Analisis Isi Pesan Dakwah Dalam Akun @Nugarislucu Pada Media Sosial Twitter Dengan Studi Kasus Tanggal 01 Maret 2020—01 April 2020. Busyro: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55352/kpi.v2i1.213
Rahmawati, S., Sobarna, A., & Pratikno, H. (2022). Nilai-Nilai Keimanan yang Terkandung dalam Buku Maaf Tuhan, Aku Hampir Menyerah Karya Alfialghazi. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(2), 623–630. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i2.4197
Ramdani, L., Sumijati, S., & Nuraeni, H. G. (2018). Pesan Dakwah dalam Buku Humor Karya Mustofa Bisri. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 46–67. https://doi.org/10.15575/tabligh.v3i1.31
Rina, R., Syah, E., & Kusumaningtyas, A. D. (2022). Analisis Pesan Dakwah dalam Novel Religi. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.52593/mtq.03.1.02
Rudi Trianto. (2022). Analisis Isi Pesan Dakwah dalam Buku Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta Karya Alvi Syahrin. An-Nida’ : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 11(1), 77–97. https://doi.org/10.61088/annida.v11i1.438
Sani, V. S. T. (2021). Analisis Pesan Dakwah Tentang Toleransi dalam Film Jerussalem 2013. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v2i3.82
Santika, A. (2016). PESAN DAKWAH DALAM BUKU “BELAJARLAH KEPADA LEBAH DAN LALAT” KARYA KH. AGOES ALI MASYHURI. An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.34001/an.v8i1.767
Soejono, & Abdurrahman. (1999). Metode Penelitian. PT Rineka Cipta.
Stemler, S. (2016). An overview of content analysis. University of Massachusetts Amherst, 7, 1–6. https://doi.org/10.7275/Z6FM-2E34
Subiakto, H. (2015). Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi. Prenada Media.
Yahya, A. H., & Nazar, H. (2019). Pesan Dakwah dalam Buku The Miracle of Giving. 3(2).