Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5 –6 Tahun

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media audio visual, khususnya video animasi pembelajaran, dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi yang dilakukan setelah pemberian praktik langsung kepada anak-anak, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual seperti video animasi dapat secara efektif meningkatkan daya ingat, pemahaman konsep, dan motivasi belajar anak. Guru memegang peran penting sebagai fasilitator dalam mengarahkan dan memaksimalkan penggunaan media tersebut dalam proses pembelajaran. Studi ini merekomendasikan agar media audio visual diintegrasikan secara sistematis dan menyenangkan dalam kurikulum pembelajaran PAUD, guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna bagi anak.


Kata Kunci: media audio visual; berpikir logis; anak usia dini; kognitif anak.

How to Cite
Syarifah, S. N. (2025). Media Audio Visual Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5 –6 Tahun. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 23-30. https://doi.org/10.58518/almurtaja.v4i1.3646

Siti Nur Syarifah

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

Aini, A. N., Robingatin, R., & Gita, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menstimulus Perkembangan Moral Anak. Borneo Journal of Primary Education, 1(2), 123–130. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i2.4901

Apriliyanti. (2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual dalam Optimalisasi Aspek Kognitif Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bocil, 2(1), 30–33. https://doi.org/10.28926/bocil.v2i1.1318

Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57–62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fitrianti, A., Hayati, S., Murtadlo, S., & Juhaeni, A. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA BANI NURZAINI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 12047–12052. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.33338

Helmi, N., Masrumin, M. A., & Palenewen, E. (n.d.). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Anak 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfal 4 Samarinda. 5(2), 59–67. https://doi.org/10.30872/ecj.v5i2.4653

Herniawati, A. (2023). Metode Bermain: Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Intisabi, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.61580/itsb.v1i1.2

Hulu, A., Purba, R., Hutagalung, Y., Lase, A., Panggabean, D., & Isana, L. (2025). PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA DINI 4-6 TAHUN DI TK BINA KREATIF. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(1), 2228–2233. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1830

Lubis, S. M., Rangkuti, D., & Rangkuti, D. E. S. (2022). Inovasi Permainan Tebak Bunyi Melalui Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di R.a Al-Amin Medan. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 95–102. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6614

Maisari, S., & Purnama, S. (2019). Peran Digital Parenting Terhadap Perkembangan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Bunayya Giwangan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 41. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.4012

Masruhim, M. A., Elin, & Palenewen, E. (2021). Pengaruh Media Audio Visualterhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Di Tk Cendrawasih Samarinda. Early Childhood Journal, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.30872/ecj.v1i1.206

Moleong. (2017). Penelitian Kualitatif. Rosdakarya.

Nurhalizah, S., & Hadiyant, P. O. (2025). Peran Guru dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS. 6(1), 128–142. https://doi.org/10.37985/murhum.v6i1.1088

Soesilo, T. D., & Padmomartono, S. (2014). Asesmen Non-Tes Dalam Bimbingan dan Konseling. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

Sulastri, N. M. (2021). Identifikasi Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Transformasi, 7(1), 17–21. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/transformasi/article/view/4068/2769