Perkembangan Nilai Agama Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK PKK Gunung Tiga

Perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini, khususnya kelompok usia 5–6 tahun di jenjang taman kanak-kanak, merupakan bagian penting dalam proses pembentukan karakter dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana ajaran agama dapat ditanamkan pada anak-anak usia dini. Studi ini dilaksanakan di TK PKK Gunung Tiga, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara dengan tenaga pendidik, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran agama. Perkembangan Agama di TK PKK Gunung Tiga berdasarkan penelitian bahwa perkembangan Agama di TK PKK Gunung Tiga sudah baik, hal ini dijelaskan dengan dari 10 anak. Hal ini di tunjukkan mereka mulai menerapkan sikap sopan, jujur, dan saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari, baik terhadap teman sebaya maupun guru, yang mencerminkan adanya pemahaman terhadap ajaran agama. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa pendidikan agama yang diberikan secara terarah dan sesuai dengan tahap perkembangan anak mampu menumbuhkan pribadi yang berakhlak baik, cerdas, serta religius. Rekomendasi yang diajukan adalah pentingnya keterlibatan aktif guru dan orang tua dalam memberikan keteladanan serta mendukung aktivitas keagamaan anak, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, agar pembentukan nilai-nilai spiritual dapat berlangsung secara optimal.

How to Cite
Nada, F. M. ., Sabrina, P. ., Rahma, A. ., & Putri, H. A. . (2025). Perkembangan Nilai Agama Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK PKK Gunung Tiga. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.58518/almurtaja.v4i1.3821

Fahimah Milatin Nada

Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia

Putri Sabrina

Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia

Aulia Rahma

Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia

Hesti Amelia Putri

Universitas Islam Negeri Jurai Siwo Lampung, Indonesia

Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 43–60. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.15

Alviza, R. (2020). ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN. 1.

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022a). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022b). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405

Hajrah, S., Ismail, W., & Damayanti, E. (2022). PENERAPAN METODE BERCERITA TEMA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-TAHUN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i2.35330

Indah Wati, I. W. (2024). Implementasi Metode Bercerita Siroh Nabawiyah Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. JURNAL PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.26173

Js, M., Farida, K., & Sakinah, S. (2022). Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 139–152. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934

Monica, S., & Sipayung, S. A. B. (2024). Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Penerimaan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 13–25. https://doi.org/10.51178/jesa.v5i3.2033

Noer Safitri, R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.289

Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN (LITERATURE REVIEW). JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(2), 285–299. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447

Nurmukjizatiah, M., Marlina, L., & Murtopo, A. (n.d.). Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Sultan Agung 1 Ilir Palembang.

Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. 7.

Permen 58 th 2009.pdf. (n.d.).

Permendikbud No. 137 Tahun 2014—SN-PAUD.pdf. (n.d.).

Sufiani, S., Try Andreas Putra, A., & Raehang, R. (2022). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–75. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129

Wahyuningsih, R., & Ulya, N. (2024). Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Furqon Madina: Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Furqon Madina. JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ), 4(1), 499–515. https://doi.org/10.56874/tila.v4i1.1855

Yanza, N. D. (2020). PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT ALFIKRI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. 4.