Perkembangan Nilai Agama Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK PKK Gunung Tiga
Perkembangan nilai-nilai keagamaan pada anak usia dini, khususnya kelompok usia 5–6 tahun di jenjang taman kanak-kanak, merupakan bagian penting dalam proses pembentukan karakter dan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi sejauh mana ajaran agama dapat ditanamkan pada anak-anak usia dini. Studi ini dilaksanakan di TK PKK Gunung Tiga, Kecamatan Batanghari Nuban, Kabupaten Lampung Timur, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara dengan tenaga pendidik, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran agama. Perkembangan Agama di TK PKK Gunung Tiga berdasarkan penelitian bahwa perkembangan Agama di TK PKK Gunung Tiga sudah baik, hal ini dijelaskan dengan dari 10 anak. Hal ini di tunjukkan mereka mulai menerapkan sikap sopan, jujur, dan saling menghargai dalam kehidupan sehari-hari, baik terhadap teman sebaya maupun guru, yang mencerminkan adanya pemahaman terhadap ajaran agama. Kesimpulan dari studi ini menegaskan bahwa pendidikan agama yang diberikan secara terarah dan sesuai dengan tahap perkembangan anak mampu menumbuhkan pribadi yang berakhlak baik, cerdas, serta religius. Rekomendasi yang diajukan adalah pentingnya keterlibatan aktif guru dan orang tua dalam memberikan keteladanan serta mendukung aktivitas keagamaan anak, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah, agar pembentukan nilai-nilai spiritual dapat berlangsung secara optimal.
Alawiyah, F. S., & Masruroh, L. (2020). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Pada Masa Pandemi di TK Al-Hidayah Lumajang. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 43–60. https://doi.org/10.35719/gns.v1i1.15
Alviza, R. (2020). ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN. 1.
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022a). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022b). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Hajrah, S., Ismail, W., & Damayanti, E. (2022). PENERAPAN METODE BERCERITA TEMA ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN NILAI AGAMA PADA ANAK USIA 5-TAHUN. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(2), 112–120. https://doi.org/10.24252/nananeke.v5i2.35330
Indah Wati, I. W. (2024). Implementasi Metode Bercerita Siroh Nabawiyah Dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Basthi Plakpak Pegantenan Pamekasan. JURNAL PENA PAUD, 4(2). https://doi.org/10.33369/penapaud.v4i2.26173
Js, M., Farida, K., & Sakinah, S. (2022). Permasalahan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Generasi Alpha Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 139–152. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14934
Monica, S., & Sipayung, S. A. B. (2024). Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi Penerimaan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 13–25. https://doi.org/10.51178/jesa.v5i3.2033
Noer Safitri, R., & Darsinah, D. (2023). Strategi Guru dalam Membangun Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.289
Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN EMPATI ANAK USIA 5-6 TAHUN (LITERATURE REVIEW). JURNAL PAUD AGAPEDIA, 4(2), 285–299. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30447
Nurmukjizatiah, M., Marlina, L., & Murtopo, A. (n.d.). Pengaruh Metode Bercerita Tema Islami Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Paud Sultan Agung 1 Ilir Palembang.
Patimah, R. (2023). Upaya Meningkatkan Nilai Agama dan Moral Anak melalui Metode Bercerita. 7.
Permen 58 th 2009.pdf. (n.d.).
Permendikbud No. 137 Tahun 2014—SN-PAUD.pdf. (n.d.).
Sufiani, S., Try Andreas Putra, A., & Raehang, R. (2022). Internalisasi Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran di Raudhatul Athfal. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–75. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.129
Wahyuningsih, R., & Ulya, N. (2024). Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Furqon Madina: Implementasi Metode Bercerita Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di Ra Al-Furqon Madina. JURNAL TILA ( Tarbiyah Islamiyah Lil Athfaal ), 4(1), 499–515. https://doi.org/10.56874/tila.v4i1.1855
Yanza, N. D. (2020). PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT ALFIKRI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA PEKANBARU. 4.