Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun yang Dipengaruhi oleh Gadget

Perkembangan bahasa atau komunikasi pada anak merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang harus banyak-banyak diperhatikan terlebih berbahasa merupakan sarana anak dalam berkomunikasi satu orang dengan yang lainnya. Perkembangan Bahasa tidak luput juga dari perhatian para pendidik pada umumnya dan orang tua pada khususnya. rata-rata anak usia 5-6 tahun telah menyimpan lebih dari 14.000 kosakata. Perkembangan Bahasa pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, pola asuh, Kesehatan, dan hubungannya dengan orang tua. Salah satu faktonya yaitu kebijakan pola asuh orang tua pada anak, memberikan akses gadget pada anak usia 3-6 tahun sebagai penenang dan media hiburan justru berdampak negstif pada anak. Bagaimana perkembangan Bahasa pada anak yang dipengaruhi oleh gadget pada anak usia 3-6 tahun. Metode yang digunakan berupa kualitatif dengan Teknik wawancara, pengumbulan data dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya pemberiaan gadget kepada anak usia 3-6 tahun memiliki efek sebagai penghambat Bahasa, berbicara, dan mengotrol emosi. Penggunaan gadget pada anak dapat berdampak positif dan negatif dalam perkembangan Bahasa. Meskipun fitur lengkap yang tersedia pada gadget yang membuat pembelajaran Bahasa dan pengetahuan, apabila diakseskan secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan keterlambatan berbicara. Maka dari itu peran orang tua sangat penting dalam mengetahui dan membimbing perkembangan Bahasa pada anak mereka.

How to Cite
Triyani, A., Febriana, M. A. ., & Munawaroh, V. H. . (2025). Perkembangan Bahasa Anak Usia 3-6 Tahun yang Dipengaruhi oleh Gadget. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.58518/almurtaja.v4i1.2392

Anisa Triyani

Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia

Melati Ayu Febriana

Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia

Vionita Hidayatu Munawaroh

Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, Indonesia
Wahidah, F. A. N. M., & Latipah, E. (2021). Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya. Jurnal Pendidikan, 4(1), 44-62.
Marisa, R. (2015). Permasalahan perkembangan bahasa dan komunikasi anak. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47-55.
Dini, J. P. A. U. (2021). Bahasa Reseptif Anak Usia 3-6 Tahun di Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1860-1869.
Kusumastuti, A. B., Sutarjo, T., Ratih, K. W., Kurniawan, I., Sugiarti, R., & Suhariadi, F. (2023). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI 3-6 TAHUN YANG DIBERI GADGET SMARTPHONE. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2293-2299.
Affauzani, F. R. (2020). Pengaruh Gawai Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun: Kajian Aspek Sintaksis. JURNAL KONFIKS, 7(1), 1-8.
Febrini, D. (2017). Psikologi pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 142.
youby, M. H. Al. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Bandar. Lampung: Universitas Lampung
Dewanti, T. C., Triyono. & Widada. (2016). Hubungan Keterampilan Sosial dan Penggunaan Gadget Smartphone dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 9 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling,1 (3), 126-131.
Ranti, A. P., & Mahyuddin, N. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Intera. Jurnal Exponential, 2(1), 206–211
Tri Apriyani, (2019). Waspadai Bahaya Gadget Mengancam Otak Anak Anda. https://yoursay.suara.com/lifestyle/2019/12/19/095353/waspadai-bahaya-gadget-mengancam-otak-anak-anda.
Kamilah, U., Rihlah, J., Fitriyah, F. K., & Syaikhon, M. (2020). Pengaruh Perilaku Kecanduan Gawai terhadap Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini.
Lubis, H. Z. (2018). Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Jurnal Raudhah, 06(02), 1–26
Bogdan, B. &. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon Inc.
Uphoff, N. T. (1986). Local institutional development: an analytical sourcebook with cases. Local institutional development: an analytical sourcebook with cases. Kumarian Press. https://doi.org/10.2144/000113198
Zain, H. (2013). Pengembangan pendidikan Islam Multikultural berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal: Volume 8 Nomor 1 Juni 2013. Tadrîs, 8 (1 Juni).