Program MBG (Makan Bergizi Gratis) Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Lamongan

Abstrak


Penelitian Kualitatif Deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui Program MBG (Makan Bergizi Gratis) terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada Pendidikan Anak Usia Dini di Lamongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan guru dan wali murid. Data dianalisis secara kualitatif menggunakan tahapan data cleaning, transcribing, coding and categorizing, dan interpreting. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya guru, wali murid serta anak anak sangat senang dengan kehadiran Program MBG (Makan Bergizi Gratis) karena dapat membantu meningkatkan asupan yang lebih sehat dan bergizi untuk anak dan juga membantu meringankan beban biaya iuran wali murid terhadap bekal di sekolah, akan tetapi MBG (Makan Bergizi Gratis) ini menjadi tanggungan baru untuk guru kelas karena pelaksanaan kegiatan belajar mengajar anak anak di kelas harus berkurang karena guru turut menyiapkan adanya makanan yang akan diberikan kepada anak, selain itu guru diharuskan menjadi lebih ekstra tenaga dalam membagi waktu bersamaan dalam proses pembelajaran dan kegiatan MBG (Makan Bergizi Gratis).

How to Cite
Syafiqoh, I., & Setyawati, A. . (2025). Program MBG (Makan Bergizi Gratis) Terhadap Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini di Lamongan. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.58518/almurtaja.v4i1.4018

Imroatus Syafiqoh

Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Indonesia

Alfina Setyawati

STIT Al-Khairiyah Cilegon, Indonesia

Bundy, D. A., Silva, N. D., Horton, S., & Jamison, D. T., & Patton, G. C. (2018). Optimizing education outcomes: High-return investments in school health for increased participation and learning. Washington, DC: World Bank.

Erwin Widiasworo. (2017). Inovasi Pembbelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Karim & Fitroh. (2018). Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bagi Masyarakat Pada POS Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 4(1), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v4i1.4580

Khairunnisa, K., & Ain, S. Q. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5519–5530. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3198

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77. https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111

Wina Sanjaya. (2008). Stretegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2008.