Implementasi Al-Hikmah Dalam Metode Dakwah Di Surah An-Nahl Ayat 125

Main Article Content

Abd. Kholiq
Shofiyah Shofiyah

Abstract

Pada rentang waktu yang panjang, dakwah merupakan fenomena agama dan social, yang sama tuanya dengan agama Islam. Dakwah juga merupakan sesuatu yang tanpa akhir (on going proses), antara dakwah dan Islam terjadi hubungan dialektis, Islam tersebar karena dakwah, dan dakwah dilakukan atas dasar tuntunan ajaran Islam. Melihat sosio budaya dan perkembangan zaman yang begitu cepat membawa dampak dari masyarakat sebagai sasaran dakwah (mad’u) membutuhkan geliat dari juru dakwah untuk lebih representatife dalam memahami kebutuhan mad’u. karena juru da’i sebagai the power of change dalam pengemban dakwah Islamiyah. Hikmah ditempatkan diurutan pertama dalam Surah an-Nahl ayat 125 sebagai metode dakwah yang langsung Allah ajarkan kepada utusan pembwa risalah, karena arti hikmah memang mencakup kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual. Dengan modal hikmah da’i akan memiliki kecerdasan dalam berdakwah, rasa simpatik akan mampu menarik lingkungan kedalam ajakannya. Wawasan yang luas akan memberikan pemahaman terhadap mad’u dan kepribadian yang mulia kian memancarkan kewibawaan bagi da’I dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah.

Article Details

How to Cite
Kholiq, A., & Shofiyah, S. (2022). Implementasi Al-Hikmah Dalam Metode Dakwah Di Surah An-Nahl Ayat 125. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 164-172. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i2.1155
Section
Articles

How to Cite

Kholiq, A., & Shofiyah, S. (2022). Implementasi Al-Hikmah Dalam Metode Dakwah Di Surah An-Nahl Ayat 125. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(2), 164-172. https://doi.org/10.58518/alamtara.v6i2.1155

References

Abdul Halim Mahmud, Ali. 1992. Da’wah Fardiyah Metode Membentuk Pribadi Muslim, Gema Insani Press, Jakarta.
Ali Aziz, Moh. 2009. Ilmu Dakwah, Kencana, Jakarta.
Bin Abdullah al-Mathlaq, Ibrahim. 2008. Seni Berdakwah. Insan Madani, Yogyakarta.
Gulen, Fethullah. 2011. Dakwah Jalan Terbaik dalam Berfikir dan Menyikapi Hidup, PT. Gramedia, Jakarta.
Kemenag RI. Aplikasi Qur’an Kemenag Versi 1.3.4.4.
Kementrian Agama RI. 2011. Syaamil Al-Qur’an Miracle The Reference, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsiran Al-Qur’an Kementerian Agama Republik Indonesia.
Kusnawan, Aep dkk. 2009. Dimensi Ilmu Dakwah, Widya Padjadjaran, Bandung.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. 2016. Tafsir Al-Qur’an Tematik, Kamil Pustaka, Jakarta.

Munir, M. dkk. 2013. Metode Dakwah. PrenadaMedia Group. Jakarta.

Nasiri dkk. 2016. Kapita Selekta Dakwah, Koodinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah IV Surabaya.
Natsir, M. 2017. Fiqhud Dakwah, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia dan Yayasan Cipta Selekta Kerjasama dengan Bamuis BNI’ 46.
Quraish Shihab, M. 2012. Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati, Jakarta.
S. Ma’arif, Bambang. 2010. Komunikasi Dakwah Paradigma untuk Aksi, Simbiosa Rekatama Media. Bandung.
Shawi, Shalah. 2011. Ats-Tsawabit wal Mutaghayyirat, PT. Era Adicitra Intermedia, Solo.
Tri Tami Gunarti, & Mubarok Ahmadi. (2021). Stilistika Al-Qur’an: Memahami Bentuk-Bentuk Komunikasi Dalam Surah Asy Syu’ara’. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 4(2), 144-154. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/748
W. Arnold, Thomas. 2019. Sejarah Lengkap Penyebaran Islam, IRCiSoD, Yogyakarta.
Yunus, Mahmud.2002. Tafsir Qur’an Karim, PT. Hidakarya Agung, Jakarta.